Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Koalisi Organisasi Adat Siap Perangi Kriminalisasi Terhadap Pejabat Daerah di Sulut

Koalisi Organisasi Adat Siap Perangi Kriminalisasi Terhadap Pejabat Daerah di Sulut
Ketua Koalisi Organisasi Adat Sulut, Nouke Paat

Airmadidi,Fajarmanado.com – Koalisi organisisasi adat di Sulawesi Utara menyatakan menolak kriminalisasi pejabat daerah oleh aparat penegak hukum. Hal ini dikatakan ketua koalisasi organisasi adat Nouke Paat, Kamis (9/11).

Paat mengatakan, koalisasi ada terbentuk untuk memerangi praktik kriminalisasi terhadap pejabat daerah yang sedang giat – giatnya membangun untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat. Meski demikian koalisi ini juga bukan untuk membela pejabat yang terbukti melakukan tindak pidana korupsi. Bahkan jika memang terbukti pihaknya bersama 14 organisasi adat, akan mendorong dan mengawal proses hukum terhadap pejabat yang terbukti korupsi tersebut.

“Kami bukan tameng pejabat yang melakukan pelanggaran hukum, apalagi tindak pidana korupsi. Namun demikian, kami juga tidak akan menerima jika pejabat yang sudah bekerja dengan baik lantas dicari-cari kesalahannya untuk diproses hukum. Apalagi menetapkan tersangka terhadap pejabat daerah tanpa bukti yang kuat.”kata Paat yang didampingi ketua GMBI Minut Howard Marius.

Paat menjelaskan, saat ini banyak contoh pejabat yang sudah lama ditetapkan tersangka tapi belum dilimpahkan ke pengadilan karena bukti yang tidak kuat. Bahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saja berapa kali di praperadilankan dan kalah, ini membuktikan bahwa tidak selamanya orang yang ditetapkan tersangka itu benar-benar bersalah, semantara karir dan nama baik orang atau pejabat tersebut sudah tercoreng.

“Banyak contoh kasus yang bisa dijadikan pelajaran terkait kriminalisasi pejabat, untuk itu kami koalisasi organisasi adat di Sulawesi Utara telah bersepakat untuk mendukung pejabat yang telah bekerja dengan baik untuk daerahnya dan melawan tindakan kriminalisasi terhadap pejabat yang dilakukan aparat hukum.”Pungkasnya.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan koordinasi dengan seluruh pimpinan adat untuk menyusun agenda kerja. Salah satu agenda yang akan dilaksanakan yakni sosialisasi tentang hukum dan bela negara yang akan melibatkan Polres Minut dan Kodim 1310 Bitung.

 

Penulis : Joel Polutu

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan