Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Kota Tomohon Diproyeksikan Dapat Anugerah Kebudayaan Dari Kemendikbud - Fajar Manado

Kota Tomohon Diproyeksikan Dapat Anugerah Kebudayaan Dari Kemendikbud

Kota Tomohon Diproyeksikan Dapat Anugerah Kebudayaan Dari Kemendikbud
Wali Kota Jimmy Feldie Eman SE Ak dan Sekkot Ir Harold V Lolowang MSc bersama Hajriyanto Thohari dan Yayuk Sri Budi Rahayu bersama rombongan Kemendikbud dan Tim Verifikasi dan Validasi Anugerah Kebudayaan lainnya seusai berdialog di Kantor Wali Kota Tomohon, Jumat (11/5/2018).
Tomohon, Fajarmanado.com — Satu lagi prestasi nasional bakal ditorehkan Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon, Sulawesi Utara. Yakni, Anugerah Kebudayaan Kategori Pemerintah Daerah (Pemda).

Kabar gembira ini terkuak ketika Wali Kota Jimmy Feidie Eman SE Ak menerima kunjungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI di Ruang Wali Kota Tomohon, Jumat (11/5/2018).

Rombongan Kemendikbud tersebut ternyata bersama Tim Verifikasi dan Validasi Anugerah Kebudayaan untuk kategori Pemerintah Daerah, yang dipimpin Hajriyanto Thohari, mantan Wakil Ketua MPR RI 2009/2014.

Kota Tomohon terpilih sebagai salah satu kandidat untuk penganugerahan terkait ekosistem yang menopang Kebudayaan. Diharapkan Kota Tomohon tahun 2019 dapat tergabung dalam platform Indonesiana yang saat ini telah tergabung terdiri dari 9 wilayah.

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak dalam pemaparannya kepada tim Verifikasi dan Validasi menyatakan kebanggaan jajaran Pemkot Tomohon karena terpilih sebagai salahsatu nominator penerima Anugerah Kebudayaan.

Baca Juga :  Wali Kota Eman Apresiasi Diklat Damkar di Kota Romohon

Program kebudayaan, kata Eman, merupakan salah satu visi Wali Kota dan Wawali Tomohon yang telah tertuang salam progran Pemkot. Yaitu untuk mempertahankan budaya yang relijius serta pengaruh budaya untuk perkembangan ekonomi masyarakat.

“Lebih jelasnya yaitu ciri khas yang di bawah zendeling dari Belanda yaitu menanam bunga Krisan yang sudah memiliki ciri khas di Kota Tomohon sebab telah berasimilasi dengan iklim sehingga telah memiliki produk unggulan yang hanya ada di tempat ini,” jelas Eman.

Selain bunga Krisan, di Kota Tomohon juga dikembangkan dan ditanam bunga gereja yaitu Krekeli yang dahulunya ditanam di pekarangan rumah.

Baca Juga :  Dihadiri Lolowang, Nita Wenur Kukuhkan Bunda Paud Kecamatan dan Kelurahan

“Ini merupakan poin penting mengenai Kebudayaan yang tetap dipertahankan oleh Tomohon guna untuk mendongrak perekonomian, dimana juga 90% penggunaan bunga di Sulawesi Utara diambil dari Kota Bunga ini.

Eman juga memaparkan perhelatan Tomohon International Flower Festival (TIFF) yang telah masuk kalender tahunan Kementrian Pariwisata RI. “Tahun ini adalah ke-8 kali dan akan dilaksanakan 8-8-2018,” ujar Wali Kota Tomohon dua periode ini.

Selain Hajriyanto Thohari, rombongan Kemendikbud dan Tim Verifikasi dan Validasi Kebudayaan, juga tampak hadir Yayuk Sri Budi Rahayu selaku Kasubdit Diplomasi Budaya Dalam Negeri.

Sementara Wali Kota Eman didampingi Sekkot Ir Harold V Lolowang MSc dan para pejabat Pemkot Tomohon.

Penulis: Prokla Mambo

Editor   : Herly Umbas

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan