Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats KPU Minta Stop Dipolemikkan, SWM Sudah Mendapat Cuti Kampanye - Fajar Manado

KPU Minta Stop Dipolemikkan, SWM Sudah Mendapat Cuti Kampanye

KPU Minta Stop Dipolemikkan, SWM Sudah Mendapat Cuti Kampanye
Kader Palenggoran SIP
Talaud, Fajarmanado.com — KPU Talaud meminta masyarakat stop mempolemikkan surat keputusan cuti kampanye dari petahana Bupati Talaud Sri Wahyuni Maria Manalip (SWM).

“Itu janganlah di polemikkan karena sanksinya sudah jelas dari KPU. Dan kalaupun publik merasa masih keberatan dengan sanksi ringan yang diberikan pihak KPU,” kata Komisioner KPU Talaud, Kader Talenggoran SIP kepada wartawan di Melonguane, Selasa (29/5/2018).

Seperti diketahui, debat pertama pasangan calon (Paslon) peserta Pilkada Talaud 2018, yang digelar di Ruang Sidang DPRD Talaud dan disiararkan secara nasional oleh TVRI tak dihadiri oleh SWM, salah satu dari empat kandidat calon Bupati 2018-2023. Pasalnya, sebagai petahana SWM belum mengantongi surat cuti kampanye.

Meski demikian, Talenggoran memahami debat merupakan bagian dari kampanye bagi para Paslon. Bahkan, apabila ada Paslon yang tidak hadir saat Debat, maka Paslon itu kena sanksi Tidak ditayangkannya sisa Iklan di KPU.

Selain itu, kata Talenggoran, Paslon boleh saja tidak hadir kecuali karena alasan ada kegiatan ibadah dan sakit dan itupun kalau sakit harus ada Surat Keterangan dokter bersangkutan,” ungkap Komisioner KPU Talaud, Kader Talenggoran SIP.

Baca Juga :  Astaga..! Pria 56 Tahun Ini Nekat Bobol Perawan Gadis Ingusan dengan Jari

Saat ditanya terkait alasan Cawabup Gunawan Talenggoran ketidakhadiran ibu SWM pada Debat Kandidat Tahap I, karena belum diterimanya Surat Keputusan (SK) Cuti Kampanye dari Gubernur Sulut, Olly Dondokambey SE.
Kader Talenggoran menanggapi secara serius.

Menurutnya SK Cuti Kampanye terhadap Cawabup SWM, itu sudah ada sejak tanggal 6 April 2018. Dan terusan salinanya sudah diedarkan di Pemkab Talaud, KPU Talaud, Panwaslu Talaud dan Polres Talaud.

Namun, lanjut dia, yang bersangkutan (SWM) tidak mau menerima SK tersebut karena berbagai alasan.

Belum lama ini Tim Sukses SWM-Menawan sempat mengirim surat ke-KPU Talaud terkait SK Izin Kampanye. Namun pihaknya belum menjawab karena masih berkordinasi dengan pimpinan KPU Provinsi dan Pusat.

“Jadi pandangan kami di KPU, sesuai SK Gubernur maka sudara SWM sudah mulai cuti kampanye sejak 6 April – 23 Juni 2018. Terkait penafsiran isi surat SK Cuti Kampanye Gubernur dan SK Mendagri tentang pengangkatan Plt. Bupati Talaud, Petrus Simon Tuange yang bersamaan.

Baca Juga :  Astaga..! Pria 56 Tahun Ini Nekat Bobol Perawan Gadis Ingusan dengan Jari

Talenggoran mengatakan itu adalah kewenangan pemerintah bukan kewenangan KPU.

“Jadi KPU Talaud jangan digiring seolah-olah itu adalah kewenangan KPU sehingga pihak KPU disalahkan,” tutur Talenggoran dengan senyum.

Pada dasarnya ketika KPU menerima salinan atau tembusan SK Cuti Kampanye dari Gubernur sesuai perundang-undangan yang menyebutkan bahwa saudari SWM terhitung 6 April – 23 Juni 2018 itu sudah terhitung cuti kampanye. Jadi disilahkan yang bersangkutan melaksanakan kampanye.

“Untuk itu diminta kepada publik, tidak terprovokasi terhadap isi-isu negatif yang berkembang pada persoalan dimaksud. Kalau belum puas disilahkan bertanya kepada pihak KPU Talaud,” jelas Talenggoran.

Ia pun sangat diharap pada sesi Debat Kandidat Tahap II nanti yang rencananya akan digelar pada 6 Juni 2018 di Manado, Ibu SWM dapat hadir. Bukan itu saja semua Paslon kiranya dapat hadir sebagai bentuk rasa kebersamaan dalam suksesnya penyelenggaraan Pilkada Talaud 2018 secara serentak.

Penulis: Briet Maga

Editor   : Herly Umbas

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan