Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Manado Kembali Raih Kota Paling Toleran di Indonesia - Fajar Manado

Manado Kembali Raih Kota Paling Toleran di Indonesia

Manado Kembali Raih Kota Paling Toleran di Indonesia
Walikota Manado DR. Ir. G. S. Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA, saat menerima pemghargaan sebagai Kota Paling Toleran di Indonesia Tahun 2018, Jumat (7/12/2018)
Jakarta, Fajarmanado.com — Di bawah kepemimpinan Wali Kota DR. Ir. G. S. Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA, dan Wakil Wali Kota Mor Dominus Bastiaan, SE, Kota Manado kembali meraih penghargaan sebagai Kota Paling Toleran se-Indonesia.

Prestasi yang ditorehkan Kota Manado untuk yang ke dua kalinya ini, dianugerahkan oleh SETARA Institute setelah sebelumnya pada tahun 2017 lalu, mengalahkan Kota Salatiga di posisi paling tinggi IKT (Indeks Kota Toleran) sebagaimana studi Indexing yang dilakukan oleh SETARA Institute. Rangking Manado sebagai Kota Paling Toleran di Indonesia tahun 2018, tak tersingkirkan oleh daerah lain di NKRI.

Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL), Jumat (7/12/2018), menerima penghargaan Kota Paling Toleran 2018 yang diserahkan langsung oleh Mendagri RI Tjahjo Kumolo di Hotel Ashley, Jl. KH Wahid Hasyim, No.73-75 Jakarta Pusat.

Baca Juga :  Imelda Markus Nahkodai HIMPAUDI Manado, Walikota Titip Generasi Pemilik Masa Depan

Pemberian penghargaan ini terkait peringatan Hari Toleransi Internasional pada 16 November 2018 lalu menyusul hasil studi indexing IKT yang dilakukan SETARA Institute tahun 2018 ini. Dimana, Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut, Wawali Mor Bastiaan, serta para tokoh agama se-Kota Manado saat mencanangkan Manado Kota Berdoa di taman Godbless Park sebagai salah satu ikon Kota Toleran di Kota Manado.

Pembacaan Deklarasi Manado Kota Doa oleh Walikota Manado bersama ibu, Wakil Walikota Manado bersama ibu, dan tokoh-tokoh agama se-Kota Manado, Rabu (28/11/2018), bertempat di God Bless Park.

“Manado sebagai salah satu dari 10 kota dengan peringkat toleransi tertinggi di Indonesia sebagaimana hasil studi Indexing yang kami lakukan,” jelas Ketua Badan Pengurus SETARA Institute, Hendardi.

Baca Juga :  Terkait THR Karyawan, Pemkot Manado Warning Perusahaan

SETARA Institute merupakan organisasi perkumpulan yang bertujuan mewujudkan masyarakat setara, plural dan bermartabat. Penilaian kota paling toleran dilakukan SETARA Institute dengan melakukan IKT.
Program IKT bertujuan menilai praktik-praktik toleransi dalam tata pemerintahan kota dan memberikan insentif sosial bagi kota-kota yang telah bekerja keras memajukan praktik-praktik toleransi dalam tata kelola keragaman masyarakat di masing-masing kota.

“Ini salah satu inisiatif untuk mempromosikan toleransi yang dilakukan pemerintah daerah, khususnya pemerintah kota. Kami melakukan promosi, kajian dan pendidikan public terkait dengan pluralisme, kemanusiaan, demokrasi, hak azasi manusia dan perdamaian,” pungkas Hendardi.

 

(***/Jones Mamitoho)

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan