Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Manado Macet, Polisi Kemana?

Manado Macet, Polisi Kemana?
Polisinya mana?
Manado, Fajarmanado.com – “Macet luar biasa, Polisi Lalu Lintasnya ka mana (ke mana) samua ini?” teriak Randy yang sedang melintas dengan mobilionya di ruas jalan Boulevard, Kota Manado, Sabtu (17/06/2017) sore kemarin.

Saat dihampiri Fajarmanado.com, Randy mengaku memerlukan waktu kurang lebih 35 menit hanya untuk bergeser dengan jarak 50 meter.

“So hampir 35 menit, untuk jarak 50 meter. Nda ada Polisi Lalu lintas. Kalau cuma petugas Dishub, nda mampu dorang mo atur. Dan bukan tugas Dishub mo ator ini,” sembur Randy lagi.

Seorang Ibu bernama Angel yang sedang mengendarai Toyota Avanza saat dihampiri menyampaikan keluhan yang sama. “Luar biasa ini macet Manado sekarang. Kong macet begini, Polisi nda kelihatan. Ada bayar dari pajak rakyat itu gaji polisi, tapi macet begini nda ada dorang,” ketus Angel yang mengaku sudah satu jam lebih mengendarai mobilnya dari Bahu hingga ke depan Mantoz.

“Ini Manado semakin macet. Harusnya ada Polisi Lalu lintas yang ba atur. Nintau kamana ini Polisi,” ungkap kesal Gery yang sehari-hari membawa angkutan kota trayek Kampus-Pusat Kota 45 saat melintas di jalan Ahmad Yani.

Keluhan 3 orang pengguna jalan ini turut dirasakan Fajarmanado.com saat melintas di jalan Ahmad Yani menuju Boulevard hingga terus ke pusat kota pasar 45.

Pantauan Fajarmanado.com, tak tampak satu pun petugas Kepolisian dari Satuan Lalu Lintas yang berada di jalan untuk mengatur lalu lintas.

Ditengah macet Manado, hanya ada petugas dari Dishub, mana Polisi?

Hanya tampak beberapa petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Manado yang membantu mengarahkan kendaraan yang lalulalang.

Tiba di titik pos polisi depan Multi Mart yang berdekatan dengan Mapolresta Manado, tampak  dalam keadaan kosong. Tak terlihat keberadaan petugas dari Kepolisian di jalur yang terkenal sering macet ini.

Kasat Lantas Polresta Manado, Kompol Ruslan Badar ditemui belum lama ini mengatakan, di tengah keterbatasan, pihaknya tetap menjalankan tugas dengan maksimal.

“Saat ini ada sekitar 150 orang personil Sat Lantas Polresta Manado. Sebanyak 100 orang aktif secara bergantian turun di jalan, selebihnya administrasi,” jelas Kompol Ruslan.

“Kami tetap berupaya bersama Dishub Manado untuk mengatasi kemacetan lalulintas di kota Manado,” sambungnya.

Sementara itu, Kadishub Kota Manado, M. Sofyan saat di hubungi melalui WA nya mengatakan pihaknya tetap saling mendukung dengan pihak Kepolisian.

“Kenyamanan berlalulintas itu menjadi tanggungjawab kita bersama. Keberadaan Dishub di jalan untuk membantu Kepolisian. Kami turunkan seratusan personil di jalan untuk membantu Kepolisian,” jelas Sofyan.

Ia juga memohon kedewasaan pengendara saat berada di jalan.

“Ada lonjakkan yang signifikan terhadap jumlah kenderaan di kota Manado, ini sesuai data Samsat. Ditambah lagi fenomena belanja jelang hari-hari besar keagamaan, yang tak lama lagi Idul Fitri,” jelas mantan Camat Tikala ini.

Ia berharap, semoga dengan keberadaan personil Dishub di jalan, untuk membantu Kepolisian, mendapat support dari seluruh pengguna jalan.

“Tanpa dukungan para pengguna jalan, maka keberadaan personil Dishub di jalan untuk membantu Polisi tidak akan berarti apa apa,” kuncinya.

Beberapa bulan ini, kemacetan di kota Manado semakin menjadi.

Namun seiring semakin itensnya terjadi kemacetan dan tambahnya titik-titik kemacetan, membuat masyarakat jengkel dan selalu melemparkan kemarahan ke Pemkot Manado melalui Dinas Perhubungan.

Bila menilik kembali ke Undang-undang nomor 22 tahun 2009, tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan, wewenang yang dimiliki Dinas Perhubungan Propinsi, Kabupaten dan Kota di jalan memiliki keterbatasan, karena adanya wewenang Kepolisian yang menurut Undang-undang tersebut dimungkinkan untuk diatur melalui Peraturan Kapolri.

Jika melihat ke UU nomor 22 tahun 2009, seharusnya pengurusan SIM dan STNK menjadi wewenang Dinas Perhubungan, namun Polri masih enggan melepasnya.

So, Manado macet, kemana Satuan Lalulintas Polda Sulut dan Polresta Manado sekarang?

Penulis : Simon Siagian

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan