Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Operasi Ambalat Sulut Awasi Wilayah Perbatasan Internasional - Fajar Manado

Operasi Ambalat Sulut Awasi Wilayah Perbatasan Internasional

Operasi Ambalat Sulut Awasi Wilayah Perbatasan Internasional
Manado, Fajarmanado.com –Operasi Ambalat 2018 di Sulawesi Utara (Sulut) menggunakan enam kapan super tucano untuk mengawasi dan memantau wilayah perbatasan internasional antara pemerintah Indonesia dan Filipina.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara Sam Ratulangi Manado, Kol Naf Insan Nanjaya mengatakan, pelaksanaan operasi ini merupakan kegiatan yang menjadi agenda dalam tanggung jawab pengawasan Indonesia di bidang udara.

“Sulawesi Utara merupakan provinsi yang merupakan perbatasan, sehingga kegiatan ini menjadi kegiatan rutin yang harus dilaksanakan,” kata Insan kepada wartawan di Manado, Rabu (2/4/2018).

Kolonel Naf Insan Sanjaya. Foto: Risma Tofan

Menurut Insan, pesawat super tucano yang didatangkan ke Lanud Manado sebanyak enam unit yang mampu mendeteksi sampai titik terendah, sehingga sangat cepat mendeteksi barbagai  kegiatan yang mencurigakan.

Baca Juga :  Harus Diantisipasi Secara Dini, Gubernur Olly Sebut Kawasan Rawan Bencana di Sulut

Ia mengatakan, data pengawasan melalui analisa sensor pesawat biasanya diberikan juga kepada instansi pemerintah yang sangat dibutuhkan.

“Jadi mohon maaf jika ada sebagian yang belum bisa di share, karena ada bagian intelejennya,” kata Insan.

Lebih lanjut Insan mengatakan, dalam operasionalnya selama dua minggu menggunakan 12 pilot dan air crewnya mencapai 50 orang.

Baca Juga :  Olly Terima Penghargaan Kementan, Varietas Kelapa ODSK-Lobu Diklaim Paling Unggul

“Karena itu kegiatan ini sangat strategis bagi daerah Sulawesi Utara, karena memberikan data yang akurat dalam sistem pengawasan menyeluruh,” demikian Insan.

Penulis: Risma Tofan

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan