Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Partisipasi Pemilih di Minahasa Lewati Target Nasional

Partisipasi Pemilih di Minahasa Lewati Target Nasional
Rendy Umboh
Tondano, Fajar.anado.com – Kesadaran masyarakat Minahasa menyalurkan hak konstitusi patut diacungi jempol. Buktinya, tingkat parrisipasi pemilih Pilkada Minahasa 27 Juni 2018 silam mencapai angka 81,69 persen dari total jumlah wajib pilih di daerah Toar Lumimuut  ini.

Meski masih masuk urutan ke lima dari enam Pilkada serentak di Provinsi Sulawesi Utara, namun capaian angka tersebut menjadi perhatian khusus dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa.

Rendy Umboh salahsatu pimpinan Panwaslu Minahasa, mengatakan, pencapaian tersebut menjadi kebanggaan tersendiri dari pihaknya yang merupakan institusi pengawas pesta demokrasi.

“Ini harus jadi kebanggaan kita karena kesadaran wajib pilih untuk menyalurkan hak suaranya begitu tinggi. Dan hal ini adalah pencapaian yang luar biasa,” kata Umboh.

Bahkandikatakanya, angka yang dicapai Kabupaten Minahasa yakni 81,69 persen melampaui target nasional yang hanya memasang target 77,5 persen.

“Hal ini harus kita jaga bahkan kita tingkatkan sampai semua wajib pilih meyalurkan hak suaranya disetiap hajatan pesta demokrasi baik Pilkada maupun Pemilu,” kata putra Tompaso ini.

Menurut Umboh, momentum yang tepat untuk membuktikanya kembali adalah pada hajatan Pemilu yang akan dihelat pada 17 April tahun 2019 mendatang.

Karena itu, Umboh berharap supaya semua institusi terkait yang berperan terhadap pencapaian angka tersebut untuk terus bergerak dan tidam berdiam diri.

“Angka yang kita capai ini kiranya tidak menjadi kepuasan melainkan menjadi pemicu untuk menigkatkan angka partisipasi pemilih,” pungkasnya.

Penulis: Fiser Wakulu

 

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan