Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Peduli Dengan Lansia, Menteri Yohana Yembise Puji Vonnie Panambunan - Fajar Manado

Peduli Dengan Lansia, Menteri Yohana Yembise Puji Vonnie Panambunan

Peduli Dengan Lansia, Menteri Yohana Yembise Puji Vonnie Panambunan
Airmadidi,Fajarmanado.com — Menteri pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (PPA), Prof Yohana Susana Yembise, MA memberikan apreseasi kepada bupati Minahasa Utara (Minut) Vonnie Anneke Panambunan atas kepeduliannya terhadap orang Lanjut Usia (Lansia).

Hal ini disampaikan Yohana saat menghadiri sosialisasi perlindungan Lansia di Minut, Sabtu (6/10/2018).

Dihadapan ribuan Lansia, Yohana mengatakan, Lansia bukan menjadi beban negara dan keluarga tapi penyangga pembangunan karena dengan pengalamannya mereka dapat berperan nyata dalam pembangunan bangsa dan negara terlebih khusus untuk daerah Minahasa Utara.

“Kesejahteraan dan perlindungan terhadap hak-hak para lansia merupakan salah satu indikator kemajuan bangsa, untuk itu jangan kita sepelekan lansia dan membebani mereka dengan urusan rumah tangga.”kata Yohana.

Ia juga mengingatkan kepada anak yang mempunyai orang tua yang telah memasuki usia lanjut agar tidak dijadikan tempat penitipan cucu saat anak bekerja atau kerjaan lain yang hanya membebani orang tua. Berikan kesempatan kepada orang tuanya untuk menjalani masa tuanya dengan kesenangan, dan jika perlu sesering mungkin mengajak orang tua ke tempat-tempat wisata atau tempat lain yang dapat membuat mereka merasa senang dan bahagia.

Baca Juga :  Dua Kontraktor Pelaksana Pembangunan RSUD Walanda Maramis Kembalikan Kerugian Negara Rp.178 Juta Lebih

“Orang tua yang sudah memasuki usia lanjut butuh hiburan dan kasih sayang anak, ajaklah mereka rekreasi ke pantai atau ke tempat-tempat yang dapat membuat mereka senang dan bahagia dimasa tuanya.”pungkasnya.

Sementara, Bupati Vonnie Anneke Panambunan dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada menteri Yohana Yembise yang telah berkunjung ke Minahasa Utara dan bertatap muka dengan seluruh lansia di Minahasa. Kehadiran menteri menurutnya merupakan kado terindah karena hari ini juga bertepatan dengan ulang tahunnya ke – 57.

“Saya sangat berterima kasih kepada ibu menteri yang mau datang ke Minahasa Utara untuk bertatap muka dengan lansia sekaligus dapat menghadiri ulang tahun saya ke-57. Ini momentum paling spesial dan sangat berharga bagi saya dan seluruh lansia karena bisa langsung bertatap muka dengan ibu menteri Yohana yang merupakan satu-satunya menteri perempuan dari Indonesia Timur dalam kabinet Jokowi-JK.” ujar Panambuan.

Bupati yang dikenal dekat dengan Lansia ini menuturkan, dalam pemerintahannya sangat konsen dalam meningkatkan kesejahteraan dan ketrampilan lansia. Hal ini dilakukan agar para lansia tidak hanya menjadi beban keluarga melainkan dapat memberikan sumbangsih bagi kemajuan daerah melalui pemikiran dan gagasan serta karya nyata berdasarkan segudang pengalaman yang mereka miliki.

Baca Juga :  Bupati Vonnie Panambunan Resmi Menyandang Gelar Sarjana Theologia

“Satu hal kelebihan para lansia dibandingkan kita yang belum lanjut usia yakni mereka pernah muda seperti kita tapi kita belum pernah tua seperti mereka. Artinya para lansia pasti mempunyai segudang pengalaman yang sangat kita perlukan untuk dijadikan bekal dalam menjalani kehidupan maupun roda pemerintahan. Inilah yang membuat saya sangat sayang dan dekat dengan mereka para lansia dan memperlakukan mereka seperti orang tua saya sendiri.”terang Panambunan.

Pada kesempatan itu, menteri bersama bupati turut memberikan bantuan beras dan uang kepada seluruh lansia dari 10 kecamatan di Minut.

Turut hadir dalam acara ini, Kadis Kesehatan Sulut dr. Debie Kalalo, Kadis Pendidikan Sulut Grace Punuh, Kadis PPA Sulut Mieke Pangkong, Sekda Minut Jimmy Kuhu, wakil ketua DPRD Minut Denny Wowiling, serta seluruh pejabat eselon II dan III dijajaran Pemkab Minut.

 

Penulis : Joel

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan