Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Pemkot Bitung Gelar Sosialisasi Sekolah Sungai

Pemkot Bitung Gelar Sosialisasi Sekolah Sungai

Bitung, Fajarmanado.com – Walikota Bitung Maxmilian Jonas Lomban, SE, MSi, Selasa (12/9), membuka secara resmi Sosialisasi Sekolah Sungai di Kelurahan Pinokalan Kecamatan Ranowulu. Kegiatan Sosilisasi ini diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bitung.

Dalam sambutannya, Walikota Bitung mengatakan kegiatan ini sebagai salah satu strategi dari pihak Pemerintah Kota Bitung untuk mengurangi resiko bencana yang sering terjadi di Daerah Aliran Sungai (DAS). Sosilisasi sekolah sungai ini diharapkan mampu mengurangi resiko bencana, dengan memberikan pemahaman yang baik bagi masyarakat, karena selama ini salah memanfaatkannya. Daerah Aliran Sungai telah dijadikan tempat pembuangan sampah, limbah, bahkan tempat penambangan pasir oleh masyarakat.

“Lewat kegiatan ini, diharapkan bisa menimbulkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga dan memanfaatkan daerah disepanjang aliran sungai dengan baik, menjaga serta memperindah sungai. Secara teknis siswa dan pemerhati lingkungan bisa memberikan kontribusi atau masukan kepada pemerintah Kota Bitung terkait dengan pelestarian serta pemanfaatan sungai,” kata Lomban.

Selesai sambutan, dilajutkan dengan penanaman pohon oleh Walikota Bitung didampingi Wakil Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri, Kepala Sekolah Sungai Dra. Khouni Lomban-Rawung, MSi, dan Kapolres Bitung AKBP Philemon Ginting, SIK, SH.

Sementara itu Wakil Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri, meminta kepada semua elemen masyarakat agar bisa bersinergi dengan masyarakat terkait dengan menjaga, melesterikan serta memanfatkan daerah sepanjang aliran sungai. Sungai memiliki peran yang sangat penting dalam konteks kehidupan, memanfaatkan sungai dengan baik akan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat. Sebaliknya jika salah dimanfaatkan, bisa menimbulkan bencana bagi masyarakat itu sendiri.

“Sosialisai sekolah sungai sangat baik dan perlu mendapat dukungan dari semua elemen masyarakat Kota Bitung. Kontribusi positif didasari pada kesadaran akan pentingnya menjaga, melestarikan serta bersahabat dengan alam ciptaan Tuhan akan memberikan pengaruh yang besar bagi perkembangan dan pembangunan Kota Bitung kedepan,” ujar Mantiri.

“Sekolah sungai, kerja sama antara BPBD dan Pemerintah Kota Bitung, bisa memberikan pendidikan serta pemahaman yang baik bagi siswa dan juga membentuk generasi muda berkualitas dalam menopang program pemerintah kota Bitung khususnya dibidang lingkungan hidup yang memiliki peran vital terhadap pengembangan Kota Bitung tercinta,” pungkasnya.

Nampak hadir dalam Sosialisasi tersebut antara lain; PT. Indofood, PT. Multi Nabati Sulawesi (MNS), PT. Bimoli, RAPI, BAGUNA, KPA Tulap, Senkom, Camat dan Lurah se-Kota Bitung, SD GMIM 23 Girian Atas, SMP Negeri 2 Bitung, serta masyarakat sekitar. (Jones Mamitoho)

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan