Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Pemkot Tomohon Apresiasi Kantor Imigrasi Manado

Pemkot Tomohon Apresiasi Kantor Imigrasi Manado
Wali Kota Jimmy Feldie Eman SE Ak ketika memberi sambutan pada Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) yang diselenggarakan Kantor Imigrasi Klas I Manado di salah satu resort yang ada di Kakaskasen II, Kecamatan Tomohon Utara, Rabu (14/06/2017).
Tomohon, Fajarmanado.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon memberikan apresiasi kepada Kantor Imigrasi Klas 1 Manado yang telah memfasilitasi kegiatan pengawasan orang asing di Kota Tomohon.

Sesuai Peraturan Presiden Nomor 21 tahun 2016 tentang Bebas Visa Kunjungan, dimana pemerintah telah mengambil kebijakan untuk kembali menambah jumlah negara-negara subjek bebas visa kunjungan. Hingga saat ini total 169 negara yang bebas visa kunjungan ke Indonesia, yang dulunya hanya sebatas negara-negara di Asia Tengah.

Wali Kota Tomohon, Jimmy Feidie Eman SE Ak mengatakan hal tersebut pada Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) yang diselenggarakan Kantor Imigrasi Klas I Manado di salah satu resort yang ada di Kelurahan Kakaskasen II, Kecamatan Tomohon Utara, Rabu (14/06/2017).

“Ada beberapa tempat tertentu yang ditetapkan negara untuk dijadikan sebagai pintu masuk internasional. Salah satunya melalui Sulawesi Utara. Ini membuat pemerintah Indonesia lebih fokus ke daerah kita,” ujar Eman.

Ia menambahkan, dapat disaksikan bersama penerbangan internasional sudah dibuka salah satunya dari beberapa kota besar di China, juga dari Korea dan Filipina akan segera dibuka.

“Sisi positif di Kota Tomohon, yaitu cakrawala terbuka untuk mengedepankan pariwisata, turis boleh datang untuk bertransaksi membuat pertumbuhan ekonomi meningkat, juga tingkat hidup berubah.

Ada juga bentuk negatif yaitu percepatan transportasi dan informasi begitu cepat tersebar dimana kejadian-kejadian yang ada diluar, kita boleh langsung ketahui. Termasuk juga barang dan jasa masuk ke daerah kita “Dampak dari ini dapat kita pikirkan melalui pemerintah pusat dan daerah,” tutur Eman.

Menurut Eman, sesuai data dari pihak imigras, di Kota Tomohon ada 17 orang asing yang tinggal dengan masyarakat. Namun, lanjutnya, kelonggaran masuk orang asing ini, juga diikuti dengan barang dan jasa yang masuk. Untuk itu, yang perlu juga diwaspadai adalah masuknya paham atau ideologi yang tidak sesuai dengan ideologi negara.

“Kita berharap pemerintah melalui imigrasi menjadi benteng pertahanan sesuai dengan Undang-Undang (UU) 06 tahun 2011 tentang Keimigrasian, khususnya pasal 69 ayat 1 pengawasan orang asing agar terkoordinir dengan baik, ini juga merupakan tanggung jawab kita semua yang hadir saat ini,” tukas Eman.

Mengantisipasi dampak-dampak yang timbul, Wali Kota mengatakan,  Kota Tomohon sudah ada Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) di bawah Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Menurutnya, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Timpora juga ikut bertanggungjawab melakukan deteksi dini. “Kesiapan dan sinergitas begitu erat. Informasi yang ada langsung bisa diantisipasi, sehingga stabilitas keamaan terjaga,” Tambahnya.

Ia mengatakan pula, saat ini pemerintah kota melalui pemerintah kecamatan dan kelurahan dibantu aparatur Perlindungan Masyarakat (Linmas) rutin melaksanakan pengawasan langsung di lapangan, antara lain ke rumah-rumah warga, tempat kost, penginapan, untuk mendata keberadaan warga maupun warga pendatang, dalam rangka antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Lewat rapat ini, kami berharap lurah-lurah dapat memberikan masukan dan juga laporan yang bisa membantu Pemerintah Kota Tomohon serta Forkopimda dan juga Imigrasi jika ada informasi-informasi terkait orang asing,” imbaunya.

Hadir, Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Kantor Imigrasi Klas 1 Manado, Perwira Hasibuan, mewakili Danlantamal VIII, Mayor Supriyono, Pelaksana Harian (Plh) Danramil Tomohon, Pelda Denny L Paila, Kasat Intel Polres Kota Tomohon, AKP Killion Landangkasiang serta sejumlah pejabat Pemerintah Kota Tomohon.
Penulis  : Prokla Mambu

Editor     : Herly Umbas

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan