Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Pencairan Dana Desa Tahap Dua di Minut Dijadwalkan Pekan Ini

Pencairan Dana Desa Tahap Dua di Minut Dijadwalkan Pekan Ini
Kadis Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Dr.Cakrawira Gundo

Airmadidi,Fajarmanado.com – Kepala dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa kabupaten Minahasa Utara (Minut), Dr. Cakirawira Gundo MSi, memastikan penyaluran dana desa tahap dua untuk 125 desa di Minut akan disalurkan paling lambat jumat pekan ini. Pencairan dana desa ini menurutnya harus dipercepat agar pemerintah desa tidak dikejar waktu dalam menyelesaikan pekerjaan di desa, mengingat tidak lama lagi akan memasuki akhir tahun anggaran.

Gundo mengatakan, penggunaan dana desa tahap di 125 desa di Minahasa Utara tergolong baik, termasuk kualitas pekerjaan maupun perencanaan pembangunan yang disusun pemerintah desa dan BPD berdasarkan usulan dari masyarakat. Ia berharap, instansi terkait yang dalam hal ini Badan Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Daerah (BPKMD) bisa segera proses berkas pencairan dana desa ke rekening desa.

“Dana desa untuk tahap dua kami berharap bisa tersalurkan paling lambat jumat pekan ini. Pencairan ini harus disegerakan karena dalam waktu dekat akan memasuki masa akhir tahun anggaran. Kami juga menghimbau kepada seluruh hukum tua untuk menggunakan dana tersebut dengan baik dan tertib administrasi.”tutur Gundo, Selasa (14/11).

Terpisah, Kepala BPKMD Minut, Robby Parengkuan mengatakan, besaran dana desa untuk tahap dua ini mencapai Rp40 miliar. Dana tersebut sesuai informasi dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bitung, akan disalurkan ke kas daerah, Rabu (15/11) besok. Setelah dana tersebut masuk, pihaknya akan mengirimkan surat pemberitahuan kepada dinas sosial dan PMD sebagai instansi teknis untuk meminta daftar desa yang dinyatakan layak untuk dicairkan dana desa tahap dua.

“Untuk proses pencairan di BPKMD paling lambat 3 jam sudah ditransfer ke rekening desa, asalkan administrasinya sudah lengkap. Dana desa ini juga harus segera kami salurkan sebab jika dana tersebut mengendap di kas daerah, maka serapan anggaran kami bisa mendapatkan raport merah.”kata Parengkuan.

Sementara kepala Indpektorat Minut, Umbase Mayuntu menuturkan, pencairan dana desa tahap dua ini akan berjalan lancar karena hasil pemeriksaan inspektorat untuk dana desa tahap satu, seluruh desa mempunyai progres yang baik. Ia meminta kepada seluruh hukum tua selaku kuasa pengguna anggaran, harus memanfaatkan dana desa ini sesuai aturan. Selain itu administrasi pelaporan realisasi dana desa harus akuntabel.

“Berdasarkan pemeriksaan pekerjaan dana desa tahap satu, seluruh desa telah melakukan pekerjaan dengan baik dan sesuai dengan rencana pembangunan yang tertera dalam papan pengumuman. Namun kami mengingatkan untuk memperhatikan administrasi pelaporan terutama nota-nota pembelian yang harus ditata rapih agar disaat pemeriksaan tidak lagi yang beralasan nota hilang.”pungkasnya.

 

Penulis : Joel Polutu

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan