Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Pengucapan Minsel, Polres Tempuh Langkah Jitu Ini - Fajar Manado

Pengucapan Minsel, Polres Tempuh Langkah Jitu Ini

Pengucapan Minsel, Polres Tempuh Langkah Jitu Ini
Kapolres Minsel, AKBP FX Winardi Prabowo, SIK ketika memberikan keterangan kepada wartawan soal langkah jitu mengamankan Pengucapan Kabupaten Minsel pada Minggu, 8 Juli 2018 di Mapolres, Amurang, Jumat (6/7/2018).
Amurang, Fajarmanado.com — Hajatan akbar pengucapan syukur Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), yang digelar Minggu (8/7/2018), besok, dipastikan akan ‘diserbu’ ratusan ribu pengunjung. Polisi pun menyiapkan berbagai langkah jitu untuk menyukseskannya.

Selain akan mengerahkan semua personil, Kapolres Minsel, AKBP FX Winardi Prabowo SIK mengeluarkan Maklumat guna mengamankan dan memperlancar arus lalu lintas demi sukses hajatan tahunan yang sudah mentradisi di tanah Toar Lumimuut tersebut.

“Maklumat Kapolres Minsel itu bernomor: Mak / 05 / VI / 2018 / Res Minsel, yang saya tandatangani tanggal 29 Juni 2018 ini,” katanya kepada para wartawan di Mapolres, Amurang, Jumat (6/72018), siang.

Maklumat berisi 5 poin utama, yang pada dasarnya mengajak segenap stakeholder, termasuk para camat, lurah dan kades beserta para tokoh masyarakat untuk bersama-sama menciptakan suasana Kamtibmas yang kondusif saat acara Pengucapan Syukur.

Salah satu yang ditekankan pada Maklumat tersebut, masyarakat dihimbah untuk tidak menyediakan minuman keras (Miras) jenis apapun kepada para tamu karena minuman beralkohol sangat berpotensi memicu terjadinya tindak kriminalitas.

Baca Juga :  Razia malam minggu, Polres Minsel ‘sisir’ sejumlah penginapan dan tempat hiburan

Selain itu, Kapolres Winardi Ptabowo juga mengharapkan peranserta masyarakat bersama para pengelola masjid dan gereja, serta sekolah dan peekantoran agar merelakan halamannya untuk dijadikan tempat parkir kendaraan bermotor (Ranmor).

Di sisi lain, para pengemudi ranmor harus memperhatikan tata cara memarkir kendaraan karena tidak akan dibenarkan memarkir ranmor jenis apapun di area manfaat jalan Trans Sulawesi.

“Mari bersama-sama kami wujudkan perayaan Injil Syukur yang aman, tertib dan lancar,” ajak Kapolres Winardi Prabowo.

Disampin memarkir ranmor di tempat-tempat yang disediakan, Kapolres mengatakan pihaknya juga akan melakukan rekayasa lalu lintas dalam rangka Pengucapan Syukur ini.

Untuk meminimalisir kemacetan, rekayasa lalu lintas dilakukan dua cara. Yakni, jalur alternatif dan sistim buka tutup.

“Jalur alternatif yang kita siapkan, dari Amurang menuju ke Manado yaitu di perempatan Buyungon masuk kiri ke arah Pasar Amurang, lewat kawasan Boulevard dan keluar kembali ke Jalan Trans Sulawsi di samping Hotel Sutan Raja,” jelasnya.

Baca Juga :  Tiga Tunggu Persetujuan, Sumuweng Sebut 5 Pasar Rakyat di Minsel Sedang Dibangun

Sedangkan sistim buka tutup diberlakukan mulai pukul 19.00 Wita sampai pukul 21.00 Wita, di saat terjadinya kepadatan arus balik pengunjung sebagaimana yang terjadi dalam beberala tahun terakhir.

Sedangkan untuk memantau situasi dan kondisi selama Pengucapan Syukur, Polres Minsel juga mendirikan delapan pos pengamanan. Pos ini akan ditempati oleh personel gabungan dari fungsi lalu lintas untuk mengurai kemacetan, serta personel Reskrim dan intelijen mencegah kemungkinan gangguan Kamtibmas.

“Intinya, kami berupaya menciptakan situasi dan kondisi yang aman, nyaman, lancar dan kondusif saat perayaan Pengucapan Syukur nanti,” pungkas Kapolres Winardi Prabowo.

Seperti diketahui, kemacetan panjang nyaris terus terjadi setiap Minsel menggelar Pengucapan Syukur. Tak jarang, membutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk kembali ke Manado, padahal waktu tempuh normal hanya berkisar 1,5 jam.

Penulis : Ismail Arjuna

Editor    : Herly Umbas

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan