Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Perayaan Hut Desa Sawangan ke – 806 Berlangsung Meriah

Perayaan Hut Desa Sawangan ke – 806 Berlangsung Meriah

Airmadidi,Fajarmanado.com – Ratusan warga desa Sawangan Kecamatan Airmadidi, ikut meramaikan acara puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Desa ke-806. Acara yang dipusatkan dilapangan kompleks objek wisata waruga ini, turut dihadiri Wakil Bupati Minahasa Utara, Joppy Lengkong, wakil ketua DPRD, Denny Wowiling, Kadis Sosial dan PMD, Cakrawira Gundo, Camat Airmadidi, hukum tua desa Sawangan Stendry Wangke, perangkat desa serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Wakil bupati Joppy Lengkong, dalam sambutannya memberikan apreseasi kepada pemerintah desa yang dinilai berhasil dalam menjalankan roda pembangunan dengan baik. Ia juga mengingatkan kepada warga masyarakat untuk selalu hidup rukun dan damai sebagaimana yang dicontohkan para dotu pendiri desa Sawangan sehingga bisa tetap utuh sampai saat ini. Usia desa 806 tahun menjadikan desa Sawangan sebagai desa tertua di Minahasa Utara.

“Jaga keutuhan dan kerukunan yang saat ini telah terbina dengan baik. Desa Sawangan ini merupakan desa tertua sehingga masyarakat kabupaten Minahasa Utara sebagian besar nenek moyangnya dari desa Sawangan. Di desa ini kaya akan potensi alam dan pariwisata yang harus dikembangkan untuk kemakmuran masyarakat.”ujar Lengkong, Sabtu (11/11).

Lebih lanjut Lengkong mengatakan, desa Sawangan sangat terkenal dengan buah duriannya. Untuk itu ia meminta pemerintah dan masyarakat mengembangkan tanaman durian ini agar bisa menjadi ikon desa, selain objek wisata waruga. Lengkong juga mengingatkan masyarakat untuk memanfaatkan tanah yang subur di desa dengan menanam kelapa, karena 5 tahun kedepan prospek tanaman kelapa ini sangat baik. Saat ini saja harga koprah tidak pernah turun dari Rp 11.000 rupiah per kilogram, ditambah lagi adanya permintaan kepala biji dari China yang harganya cukup menjanjikan.

“Mari kita manfaatkan lahan yang subur ini dengan menanam kelapa karena saat ini banyak pohon kelapa sudah ditebang tanpa dilakukan peremajaan, padahal kelapa ini banyak melahirkan sarjana termasuk saya. Untuk itu, mari kita menanam kelapa karena prospeknya sangat baik kedepan dan lebih menjanjikan. Banyak turunan kelapa yang tidak dimanfaatkan, contohnya tempurung, dan serabut kelapa sampai saat ini belum dimanfaatkan dengan baik.”terang Lengkong yang juga mantan Kadis pertanian Minut.

Hukum tua desa Sawangan, Stendry Wangke saat memberikan sambutan mengatakan, untuk meramaikan Hut desa Sawangan, pemerintah melaksanakan berbagai kegiatan seperti, Volly Ball putra antar desa se-Sulut, adventure trail, dan grasstrack yang rencananya akan dilaksanakan tanggal 24 november mendatang. Dalam puncak acara juga digelar lomba menu antar jaga, dan Kebaktian Kebangunan Rohani yang dipusatkan di lapangan kompleks objek wisata waruga.

 

“Kegiatan ini akan kami laksanakan rutin setiap tahun dan akan dijadikan aikon pariwisata desa Sawangan. Ini juga sebagai salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan desa Sawangan sebagai desa pariwisata.”kata Wangke.

Wangke menambahkan, kemeriahan acara tersebut tak lepas dari dukungan dan partisipasi masyarakat. Ia juga menyampaikan terimakasih kepada wakil bupati dan kepala dinas sosial, camat Airmadidi, wakil ketua DPRD serta tokoh agama dan tokoh masyarakat yang telah menghadiri acara puncak perayaan Hut desa Sawangan yang telah berlangsung sukses. Ia juga berharap kegiatan HUT desa Sawangan ke – 806 ini dapat mempererat hubungan antar warga sehingga tercipta situasi yang aman dan kondusif.

Acara perayaan Hut desa ini ikut diramaikan dengan penampilan tarian katrili dari siswa SD dan SLTP desa Sawangan dan musik kolintang yang dimainkan oleh putra-putri Sawangan yang sempat mendapatkan juara I dan juara IV pada pagelaran musik kolintang di Bali baru-baru ini.(Adv)

 

Penulis : Joel Polutu

 

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan