Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Perkokoh Komitmen Kebangsaan, KGPM Gelar Seminar Nasional Merajut Toleransi Satukan Nusantara

Perkokoh Komitmen Kebangsaan, KGPM Gelar Seminar Nasional Merajut Toleransi Satukan Nusantara

Manado, Fajarmanado.com – Kerapatan Gereja Protestan Minahasa (KGPM) sebagai lembaga Spritual yang lahir dari semangat Perjuangan (tak mau gereja di intervensi oleh penjajah), terpanggil untuk memperkokoh komitmen iman ditengah kompleksnya persoalan bangsa Indonesia. Isu Radikalisme, Terorisme dan Intoleransi yang bermuara pada Disintegrasi bangsa, mendapat perhatian serius dari PP KGPM.

“Isu Radikalisme, Terorisme dan Intoleransi yang melilit Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) perlu mendapat perhatian serius dari semua elemen bangsa, termasuk didalamnya KGPM. Menyikapi dinamika yang sedang terjadi saat ini, KGPM sebagai gereja perjuangan yang Am dan Rasuli terpanggil untuk menyuarakan suara kenabian, Merajut Kerukunan Nusantara dengan Benang Kasih,” ungkap Gbl. Tedius Kuemba Batasina, STh, Ketua Majelis Gembala Pucuk Pimpinan KGPM, Senin (23/10).

Ia melanjutkan, dilandasi spirit tema sentral KGPM ‘Yesus Kristus dalam Kebangsaan, Kebangsaan dalam Yesus Kristus’, KGPM menunjukkan eksistensinya sebagai bagian integral dari kehidupan berbangsa dan bernegara untuk menghadirkan damai sejahtera. Menjadi Terang dan Garam Dunia ditengah kompleksnya dinamika dalam NKRI. Gereja harus mampu memposisikan diri sebagai Pioner dalam memperkokoh komitmen kebangsaan.

“Untuk itu, KGPM lewat panitia pelaksana HUT KGPM ke-84 akan menggelar Seminar Kebangsaan yang akan mengangkat tema ‘Merajut Toleransi, Satukan Nusantara’ pada tanggal 26 Oktober di Gedung Graha Gubernuran Bumi Beringin,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia HUT KGPM ke-84 Pnt. Ivanri Matu didampingi Sekretaris Panitia Pnt. Steven Lintong menambahkan bahwa seminar berskala nasional akan menghadirkan tokoh-tokoh nasional sebagai pembicara. Pembicara dalam seminar kebangsaan tersebut yakni Menteri Agama RI Drs. H. Lukman Hakim Saefudin, Ketua Umum MPH PGI Pdt. Dr. Henriette T. Hutabarat – Lebang, Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito, Pdt. DR. A. A. Yewangoe (Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila), dan DR. S. H. Sarundajang (Mantan Gubernur Sulut, Ketua Majelis Pertimbangan PP KGPM, dan Anggota Dewan Pers Nasional).

“Seminar Kebangsaan ‘Merawat Toleransi Satukan Nusantara dalam Perspektif Indonesia’ memiliki makna yang sangat strategis dalam memperkokoh komitmen kebangsaan ditengah pluralisme dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika untuk mewujudkan Indonesia yang berkeadilan, aman dan sejahtera. Lewat seminar ini, kita semua bisa lebih memahami apa itu Radikalisme, Terorisme dan Intoleransi sehingga tidak gagal paham,” jelas Matu.

“Disisi lain seminar kebangsaan ini akan bisa memberikan kontribusi besar bagi semua elemen masyarakat Indonesia untuk menjaga keutuhan NKRI dan juga menangkal Radikalisme, Terorisme dan Intoleransi di bumi pertiwi. Kegiatan pesta Iman KGPM dalam rangka bulan syukur HUT ke-84 pada tanggal 29 Oktober 2017, mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Sulut dan Kabupaten/Kota,” pungkasnya.

“Seminar yang akan digelar pada pukul 10:00 Wita, diikuti oleh Kemetrian Agama Provinsi dan Kabupaten/Kota, Lintas Agama, LSM, Perguruan Tinggi di Sulut, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, KGPM dan umum. Ada kurang lebih 1.000 peserta dalam seminar nasional yang akan dipandu oleh moderator Gbl. Teddius Batasina, STh. mantan Ketua Umum PP KGPM,” sambung Lintong. (Jones Mamitoho)

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan