Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Perusahaan Tak Bayar THR, Kaloh : Laporkan!

Perusahaan Tak Bayar THR, Kaloh : Laporkan!
Kadisnaker Vicky Kaloh
Tondano, Fajarmanado.com – Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Minahasa Vicky Kaloh menegaskan, perusahaan yang menggunakan jasa tenaga kerja, wajib membayar Tunjangan Hari Raya (THR) kepada para karyawannya paling lambat H-7 sebelum hari raya.

“Seperti menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah, THR harus diserahkan kepada karyawan perusahaan hari Senin ini,” ujar Kaloh kepada Fajarmanado.com di Tondano, Senin (19/06/2017), pagi tadi.

Kaloh mengaku perlu mengingatkan hal tersebut kepada pihak perusahaan karena kewajiban ini berdasarkan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. “THR bisa juga diberikan kepada karyawan yang tidak merayakan hari raya. Itu tidak dilarang apabila perusahaan merasa mampu,” ujar pamong senior ini.

Ia juga mengungkapkan bahwa pihaknya tidak akan segan-segan memberikan sanksi tegas kepada manajemen perusahaan yang melalaikan kewajiban memberikan THR kepada karyawannya. “Ada sanksi yang jelas-jelas telah diatur dalam peraturan tersebut. Jadi THR itu wajib, karena telah diatur dalam peraturan menteri. Paling lambat dibayar 7 hari sebelum hari-H,” tegasnya.

Kaloh mengatakan, setiap perusahaan sudah tahu persis kewajiban tersebut karena diatur dalam Undang-undang Ketenagakerjaan sebagai salahsatu dokumen yang harus ditandatangani perusahaan ketika mengurus izin. Karena itu, menurutnya, perusahaan sudah mengetahui secara jelas berapa dan kapan THR harus diberikan kepada karyawannya.

Kaloh berjanji akan langsung menindaklanjuti kalau ada karyawan yang melapor tidak mendapat THR. Karena itu, ia meminta supaya karyawan yang bekerja di perusahaan harus berani.

“Dalam hal ini, kita harus bekerja sama. Bukan saja kami instansi terkait dengan para karyawan perusahaan, tapi juga pihak perusahaan harus bekerjasama dengan kami soal mematuhi segala ketentuan yang diatur dalam aturan,” pungkas Kaloh.

Penulis  : Fiser Wakulu

Editor     : Herly Umbas

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan