Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Polisi Sita Puluhan Juta Uang Palsu, Oknum Caleg Jadi Tersangka - Fajar Manado

Polisi Sita Puluhan Juta Uang Palsu, Oknum Caleg Jadi Tersangka

Polisi Sita Puluhan Juta Uang Palsu, Oknum Caleg Jadi Tersangka
Bolmong, Fajarmanado.com — RM alias Man, akhirnya harus mengubur ambisinya menjadi anggota DPRD. Pria yang masuk Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 di Kabupaten Kepulauan Talaud, ditetapkan sebagai tersangka pengedar uang palsu oleh polisi.

Pasca diamankan 21 November 2018 dengan barang bukti 13 lembar uang pecahan Rp.50 ribu oleh Polsek Bolaang, Kabupaten Bolaang Mongondouw (Bolmong), jajaran Polres Kotamobagu kembali menemukan Rp.26.5 juta uang palsu pecahan Rp.50 ribu.

Kapolres Kota Kotamobagu AKBP Gani F. Siahaan, SIK, MH mengungkapkan hal tersebut saat menggelar konferensi pers di Mapolres Kotamobagu, Senin (3/12/2018).

“Pasca menangkap MM alias Man saat membeli BBM di SPBU Bolaang, Tim Reskrim melakukan pengembangan dan menemukan uang palsu 26.5 juta di rumah RM alias Ris,” ujarnya didampingi KBO Reskrim Iptu Hi. Syahroni, SIP dan Kasubag Humas AKP Saiful Tammu.

Baca Juga :  Astaga..! Oknum Caleg Pakai Uang Palsu Bayar BBM

Selain uang palsu, polisi juga mengamankan Handphone, laptop dan mobil yang digunakan bersama tersangka.

Dari pengakuan tersangka, katanya, uang palsu tersebut dicetak di salah satu Kota yang ada di Pulau Jawa. Diduga diedarkan di wilayah Sulawesi Utara (Sulut) dan baru ditemukan di wilayah Bolmong.

Menurut Kapolres Siahaan, MM tercatat sebagai warga Lolak, Bolmong yang juga calon anggota legislatif (Caleg) yang maju di PIleg 2019 dari salah satu partai di Kabupaten Kepulauan Talaud. Diduga uang palsu yang didapat ini akan diedarkan pada pencalonannya.

“Uang 26.5 juta itu ditemukan di rumah Ris di Desa Poigar Kecamatan Poigar Kabupaten Bolaang Mongondow,” ungkapnya.

Seperti diberitakan, peredaran uang palsu tersebut terungkap saat MM membeli BBM di SPBU Desa Tadoy pada 21 November 2018.

Ketika membayar, MM yang duduk di jok belakang mobil mobil Avansa merah Maron bernomor polisi DB 1163 QD yang dikemudikan oleh lelaki RL alias Ris (24 tahun), menyerahkan tiga lembar uang pecahan Rp.50 ribu kepada petugas SPBU bernama Aprianto Balango (29 tahun).

Baca Juga :  Astaga..! Oknum Caleg Pakai Uang Palsu Bayar BBM

Melihat kondisi uang tersebut, Aprianto yang merasa ada kejanggalan berniat mengkonfirmasikannya kembali kepada MM alias Man. Tapi RL langsung tancap gas.

Aprianto pun bersama rekan karyawan SPBU langsung melakukan pengejaran dengan menggunakan swpeda motor dan berhasil menghentikan mobil Man di Desa Tiberias, Kecamatan Bolaang, kemudian bersama-sama warga setempat menggirim Man dan RL ke Mapolsek Bolaang.

Hingga kini polisi terus mendalami kasus tersebut karena tidak menutup kemungkinan para pelaku akan bertambah.

“Untuk sementara dua orang kita tetapkan sebagai tersangka yakni MM dan RM. Dan tidak menutup kemungkinan, akan ada tersangka baru,” tandasnya.

Penulis : Herly Umbas

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan