Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Promosikan Pulau Komang, Densom Gandeng Dispar Minut Gelar Festival - Fajar Manado

Promosikan Pulau Komang, Densom Gandeng Dispar Minut Gelar Festival

Promosikan Pulau Komang, Densom Gandeng Dispar Minut Gelar Festival

Liktim,Fajarmanado.com – Kecamatan Likupang Timur layak menjadi aikon wisata bahari di kabupaten Minahasa Utara. Buktinya daerah yang berada dipesisir pantai ini memiliki sejumlah pantai dan pulau komang yang indah dan layak menjadi tujuan wisata. Untuk lebih mengenalkan objek wisata pulau komang, anggota DPRD Minahasa Utara Denny Sompie (Densom) menggandeng Dinas Pariwisata (Dispar) Minut untuk menggelar festival pulau komang yang dipusatkan di desa Kalinaung. Festival yang melombakan perahu hias, balap perahu dan tarik tambang perahu ini mengundang perhatian masyarakat setempat maupun masyarakat dari luar Minahasa Utara.  

Selain pantai paal di desa Marinsow, pantai Pulisan di desa Pulisan dan Casabaio yang terletak di desa Maen, kecamatan yang merupakan surga wisata bahari di Minahasa Utara ini memiliki pulau komang di desa Kalinaung yang eksotik dengan pemandangan gunung Klabat dan hamparan laut biru yang dikelilingi pulau. Untuk mempromosikan pulau Komang tersebut, pemerintah akan menjadikan festival pulau komang sebagai agenda rutin tahunan dengan harapan, kedepan pulau yang terletak di desa Kalinaung ini akan menjadi salah satu kawasan wisata andalan di Minahasa Utara, terlebih tahun 2019 mendatang kecamatan Likupang Timur masuk sebagai Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata.

“Tujuan dilaksanakannya Festival ini untuk memajukan pariwisata di Sulut khususnya di Minut yang kaya akan wisata bahari. Festival ini sengaja dipusatkan di Kalinaun untuk mempromosikan pulau komang yang memiliki pesona yang cukup menjanjikan sebagai salah satu kawasan wisata bahari layak dinikmati oleh wisatawan. Festival ini juga diproyeksikan untuk menyambut Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata yang akan digulirkan Pemprov lewat dana APBN pada tahun 2019 nanti,” kata Sompie.

Sementara itu Kadis Pariwisata Minut dr Sandra Rottie melalui Sekretaris Sri Hesty Hebber mengatakan, potensi wisata di pulau Kalinaun ini sangat menjanjikan dan mempunyai prospek yang baik untuk memikat para wisatawan, untuk itu  pihaknya akan berupaya menyediakan fasilitas penunjang yang layak sehingga harapan pemerintah dan masyarakat untuk menjadikan desa pulau komang sebagai salah satu tujuan wisata di Minut bisa terwujud.

“Festival pulau komang ini kedepan akan kami kemas lebih meriah lagi agar pulau ini lebih dikenal dikalangan domestik maupun manca negara, terlebih  wilayah Kalinaun masuk dalam KEK Pariwisata” ujar Hebber.

Terpisah Hukum Tua Desa Kalinaun Hard Tinungki mengaku sangat senang dengan adanya perhatian pemerintah Minut lewat Dinas Pariwisata bersama dengan anggota Dewan Minut Denny Sompie SE sebagai inisiator pelaksanaan festival tersebut.“Kami berharap agenda ini bisa menjadi kalender tetap dinas pariwisata, sebab dengan adanya festival seperti ini potensi wisata di desa kami bisa terangkat dan tentunya akan memberikan dampak ekonomi yang positif bagi masyarakat setempat.” tutur Tinungki.

 

Penulis : Joel 

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan