Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Real Count KPU, E2L-Mantap Tetap Perkasa di Talaud - Fajar Manado

Real Count KPU, E2L-Mantap Tetap Perkasa di Talaud

Real Count KPU, E2L-Mantap Tetap Perkasa di Talaud
Talaud, Fajarmanado.com — Sempat digoyang aksi demo pendukung pasangan calon (Paslon) lain, namun Paslon dr Elly Engelbert Lasut ME dan Moktar Arunde Parapaga (E2L-Mantap) tetap perkasa pada real count Pilkada Kabupaten Talaud 2018.

Sebagaimana quick count pada 27 Juni lalu, hasil Rapat Pleno Terbuka Perhitungan Suara Calon Bupati dan Wakil Bupati Talaud periode 2018-2013 oleh KPU Talaud yang berakhir dini pagi, Jumat (6/7/2018) tadi, E2L-Mantap meraup suara 22. 656.

Sementara tiga paslon lainnya relatif terpaut jauh di bawah. Paslon WT-HP meraih 16. 341 suara, SWM-MENAWAN 14. 525 suara, dan Paslon  HPP-CSA hanya sebanyak 4.470 suara.

Perolehan suara empat paslon tersebut berasal dari  57.992 suara sah, sedangkan suara tidak sah  277. Dengan demikian total wajib pilih yang menggunakan hak suara mereka adalah 58.269 pemilih.

 

Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Talaud Tahun 2018 tersebut berlangsung di Aula KPUD Talaud, Kamis (5/7/2018) kemarin, dipimpin Ketua KPUD Talaud, Dra. Velma Sumee.

Baca Juga :  Ditemukan Saat Melaut, Pria 42 Tahun Diduga Meninggal Gara-Gara Ini

“Agenda hari ini adalah rekapitulasi hasil perhitungan suara sudah pada tingkatan KPU Kabupaten. Itu berarti, bahwa proses perhitungan suara sudah dilakukan mulai dari TPS oleh KPPS kemudian dilanjutkan dengan rekapitulasi perhitungan suara di Kecamatan lalu hingga tanggal 6 Juni dilakukan rekapitulasi di tingkat Kabupaten,” jelasnya.

Sumee juga menjelaskan, setelah ada penetapan Perolehan suara, ada waktu 3 hari bagi Pasangan calon yang ingin mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi(MK).

“Jika tidak ada yang mengajukan tuntutan, maka KPU akan menetapkan Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih di Kabupaten Kepulauan Talaud,” katanya.

“Kami selaku pihak penyelenggara, Komisi Pemilihan Umum, berbangga dan berterimakasih kepada keempat Pasangan calon, kepada seluruh masyarakat pengguna hak pilih karena mulai dari pencoblosan sampai dengan hari ini kita masih dalam keadaan aman dan terkendali,” tambah Sumee.

Baca Juga :  Pemilu 2019, Ini Harapan Gubernur Olly di Sulut

Ini menunjukkan bahwa Talaud atau Wanu’a Porodisa sebagai barometer perdamaian, meski keseluruhan infrastruktur demokrasi belum terbangun utuh.

“Saya yakin kedepan demokrasi kita akan semakin mapan dan infrastruktur demokrasi terbangun lebih baik lagi,”tutup Sumee.

Terlantau hadir dalam rapat Pleno ini, Sekretaris KPU Nelwan Maloring, Komisioner KPU Kader Talenggoran, Alex Suruh, Mexny Tamaroba, Kapolres Kepulauan Talaud AKBP Marojahan Denny Irawan Situmorang, SIK, Danlanal Melonguane Letkol Mar Augustinus Purba, Dandim 1312/Talaud Letkol Arm Gregorius Eka Setiawan, SE, Kajari Talaud Hendry Silitonga, SH, Ketua Panwaslu Talaud Jekman Wauda, SS, Kaban Kesbangpol Daud Malensang, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Anggota PPK se-Kabupaten Kepulauan Talaud dan juga Timses/LO dan saksi dari masing-masing Pasangan Calon.

Penulis : Briet Maga

Editor    : Herly Umbas

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan