Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Rumah di Matani dan Pulutan Selatan Terbakar Diduga Penyebabnya Sama - Fajar Manado

Rumah di Matani dan Pulutan Selatan Terbakar Diduga Penyebabnya Sama

Rumah di Matani dan Pulutan Selatan  Terbakar Diduga Penyebabnya Sama
Penampakan kebakaran yang menimpa rumah milik keluarga Siangka-Bawanda di Desa Pulutan selatan, Kecamatan Pulutan, Kabupaten Kepulauan Talaud pada terjadi Minggu (31/12/2017). Foto: Humas Polda Sulut.
Tomohon, Fajarmanado.com – Dua rumah hangus terbakar di dua tempat berbeda di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dalam dua hari terakhir. Ironisnya, penyebab kebakaran diduga sama-sama akibat arus pendek.

Senin (1/1/2018), dini pagi tadi, rumah panggung milik Heri Sumual di Kelurahan Matani Dua Lingkungan X, Kecamatan Tomohon Tengah, Kota Tomohon, terbakar mulai sekitar pukul 02.10 Wita.

Saksi, Novi Wuri menuturkan, saat itu peristiwa ia mendengar suara seperti petasan dari rumah naat tersebut. Dirinya lalu keluar dan melihat rumah korban telah terbakar di bagian ruang tamu. Dalam sekejap, api membesar dan menghanguskan seluruh bagian rumah yang terbuat dari kayu ini.

Kejadian ini kemudian dilaporkan ke pihak Dinas Pemadam Kebakaran dan Polsek Urban Tomohon Tengah. Tiga unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan amukan ‘si jago merah’.

Baca Juga :  Humiang Sebut Ada 3 Aspek Pembangunan Berkelanjutan di Sulut

Kapolsek Urban Tomohon Tengah, Kompol Franky Manus mengatakan, saat kejadian rumah dalam keadaan kosong. “Dugaan sementara akibat arus pendek atau korsleting listrik. Kerugian material sekitar Rp 100 juta dan penyebab pasti masih dalam penyelidikan,” ungkapnya.

Peristiwa yang sama, terjadi sekitar sembilan jam sebelumnya. Tapi kali ini terjadi di Kabupaten Kepulauan Talaud dan menimpa rumah milik keluarga Siangka-Bawanda di Desa Pulutan selatan, Kecamatan Pulutan. Peristiwa kebakaran rumah semi permanen itu terjadi Minggu (31/12/2017) mulai sekira pukul 17.35 wita.

Kapolsek Rainis Iptu Olden Arunde mengatakan, saat kebakaran, sang pemilik yaitu tidak berada di dalam rumah. “Pemilik rumah sedang mengunjungi keluarga di Desa Pulutan. Akibatnya, api dengan cepat melahap semua isi rumah permanen tersebut,” ujar Kapolsek.

Baca Juga :  Bertemu Gubernur Olly, Hendra: Pengelolaan Terumbu Karang Segera Dioptimalkan di Gedung CTI

Ia mengungkapkan, kebakaran diketahui setelah ada teriakan warga sekitar rumah yang melihat api yang semakin membesar dari dalam rumah dengan cepat sehingga menghanguskan seisi rumah.

Tidak lama berselang, anggota Polsek Rainis tiba bersama warga dengan menggunakan 3 unit alkon dan langsung memadamkan kobaran api yang begitu besar. Api dipadamkan satu jam kemudian.

“Diduga penyebab terbakarnya rumah diakibatkan oleh korsleting atau arus listrik. Seluruh isi rumah tidak dapat diselamatkan hangus terbakar, dan total kerugian diperkirakan kuranag lebih Rp. 500 juta,” ungkap Kapolsek Iptu Olden Arunde.

Editor : Herly Umbas

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan