Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Sisihkan Salatiga dan Yogyakarta, Kota Manado Raih Peringkat 1 IKCI 2018 - Fajar Manado

Sisihkan Salatiga dan Yogyakarta, Kota Manado Raih Peringkat 1 IKCI 2018

Sisihkan Salatiga dan Yogyakarta, Kota Manado Raih Peringkat 1 IKCI 2018
Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) dan Wakil Walikota Mor D Bastian

Manado, Fajarmanado.com – Mengawali perjalanan di tahun 2019, sebuah prestasi membanggakan ditorehkan oleh Pemerintah Kota Manado dibawah kepemimpinan Walikota GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor D. Bastiaan (GSVL-Mor).

Kota Manado mendapat penilaian yang terbaik dalam Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) tahun 2018, Kategori Kota Sedang. Berdasarkan indikator penilaian meliputi; Lingkungan, Mobilitas, Ekonomi, Masyarakat, Pemerintahan, dan Kualitas Hidup, Kota Manado menyisihkan Kota Salatiga dan Yogyakarta, serta puluhan Kota lainnya di Indonesia.

Adapun Skor IKCI berada pada angka 1-100, semakin besar angka yang diraih, menunjukkan kondisi ideal Kota Cerdas. Berdasarkan hasil penilaian, Manado meraih nilai tertinggi 59,04 diikuti Kota Salatiga 58,99 dan Yogyakarta 58,96.

Baca Juga :  Ini Hasil Penertiban Branding Kampanye oleh Bawaslu Kota Manado

Penghargaan ini rencananya akan diterima langsung Walikota Manado, pasa hari Rabu tanggal 9 Januari 2019.

“Tentunya kita bangga. Sebenarnya pengumumannya di akhir Desember 2018 lalu, namun penghargaan nanti akan diserahkan 09 Januari 2019 ini. Dan saya sudah mendapat undangan untuk menerima penghargaan itu di Jakarta,” ujar Walikota GSVL.

Menurut Walikota Manado dua periode ini, secara umum IKCI tersebut sejalan dengan visi Kota Manado sebagai Kota Cerdas 2021. Dan salah satu nilai baik bagi Kota Manado karena adanya Cerdas Command Center (C3), dimana berbagai informasi mengenai Manado dapat diakses langsung dalam jaringan.

Baca Juga :  Lantik 43 Pejabat Administrator dan Fungsional, Mor Bastiaan: Jaga Integritas..!

“Penghargaan IKCI ini melengkapi 21 penghargaan yang Kota Manado terima tahun 2018 lalu. Namun saya tekankan, penghargaan bukanlah tujuan kita karena penghargaan hanyalah bonus. Tujuan utama kita adalah kesejahteraan rakyat,” tandas Walikota GSVL.

Adapun penghargaan IKCI kategori Kota Metropolitan dimenangi Kota Surabaya, IKCI kategori Kota Besar berpihak ke Kota Denpasar, sedangkan IKCI kategori Kota Kecil jatuh pada Kota Padang Panjang.

 

(***/Jones Mamitoho)

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan