Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Spektakuler..! Kampanye Ivansa-CNR Ciptakan 'Pelangi' di Kota Langowan - Fajar Manado

Spektakuler..! Kampanye Ivansa-CNR Ciptakan ‘Pelangi’ di Kota Langowan

Spektakuler..! Kampanye Ivansa-CNR Ciptakan ‘Pelangi’ di Kota Langowan
Cabup Minahasa Ivan Sarundajang saat menyampaikan orasi pamungkas pada kampanye umum Pilkada Minahasa 2018 di Lapangan Schwartz Langowan, Sabtu (23/6/2018), sore tadi.
Langowan, Fajarmanado.com — Spektakuler. Kata yang pas disematkan pada kampanye umum Pilkada Minahasa 2018 dari Pasangan Calon (Paslon) Ivan Sarundajang-Careig Naichel Runtu SIP (Ivansa-CNR), Sabtu (23/6/2018), sore tadi.

Lapangan Schwarz Langowan benar-benar tak mampu menampung sekitar 100 ribu massa paslon nomor urut 1 itu yang berdatangan dari  semua 25 kecamatan daerah tertua di Provinsi Sulawesi Utara.

Massa berasal dari  227 desa dan 43 kelurahan tersebut seakan menciptakan bak pelangi di lapangan calon Daerah Otonom Baru (DOB) Kota Langowan.

Pasalnya, mereka muncul mengenakan pakaian warna warni, bukan hanya warna atribut partai pengusung, Golkar, NasDem dan PKP Indonesia, dan partai pendukung PSI, yakni kuning, biru dan merah putih, tetapi juga hitam, warnah yang dikenal netral dalam dunia politik tanah air.

Lapangan yang sejak beberapa dekade lalu dikenal sebagai lapangan sepak bola itu disesaki massa pendukung dan simpatisan paslon berjagon BERSATU (Bersama Sarundajang Runtu) tersebut. Meski di bawah terik matahari, seakan tak ada lagi ruang bagi massa lainnya untuk masuk.

Pantauan Fajarmanado.com, menggunakan aneka jenis kendaraan bermotor, massa mulai berdatangan sekitar pukul 11.30 Wita. Sejam kemudian, kemacetan mulai terjadi di wilayah Kecamatan Kakas, Remboken dan Kecamatan Sonder.

Kemacetan terparah terjadi pada sekitar pukul 13.00 Wita di jalur Tomohon, Sonder, Kawangkoan dan Tompaso. Iring-iringan kendaraan berjalan sersendat-sendat sambil massanya meneriakan yel yel Ivansa-CNR,  BERSATU dan SATU, berlenggang lenggok diiringi aneka irama  musik berirama hot dari dalam mobil masing-masing.

Baca Juga :  Jamaah Masjid Nurul Yaqin Gelar Peringatan 1 Muharram 1440 H

Tak heran, ketika sekitar pukul 15.00 Wita kampanye dibuka dengan doa oleh mantan Sekretaris Umum BPMS GMIM Pdt Hendry Runtuwene, diikuti ucapan selamat datang oleh Sekretaris DPD II Partai Golkar Minahasa Febry FH Suoth SSos, ribuan massa masih berdatangan.

Pendukung dan simpatisan paslon Ivansa-CNR yang mendengar dari luar Lapangan Schwartz Langowan, Sabtu (23/6/2018), sore tadi.

Sementara itu, ribuan massa lainnya memilih hanya berdiri di jalanan, baik jalan utama dan lorong-lorong, dan berteduh di dalam dan emperan rumah penduduk. Lainnya, memilih berswafoto dan berjoget ria dengan gaya kelompok masing-masing.

Sementara ribuan lainnya lagi, terpantau hanya mendengar orasi kampanye dari luar pagar lapangan, sampai di selasar depan gereja yang tengah dibangun di seberang utara Lapangan Schwarz yang berada di sebelah timur Puskesmas Langowan itu.

Meski disengat terik matahari sore, massa terus berusaha masuk dan bertahan di dalam lapangan karena mendengarkan ocehan Mongol, artis stand up komedi nasional asal Sulut ini, sebelum orasi kampanye.

Melihat massa yang membludak, tak pelak dalam iring-iringan pulang, tak sedikit diantara massa yang sesumbar menyatakan kemenangan sudah di depan mata.

Baca Juga :  Wagub Kandouw: Makam Mantan Gubernur Sulut Harus Dirawat

Tak hanya secara lisan, di media sosial facebook, ramai postingan yang juga mengungkapkan keyakinan Paslon Ivansa-CNR memenangkan Pilkada Minahasa pada 27 Juni, pekan depan.

Sementara itu, Sekretaris Umum (Sekum) Partai NasDem Jhony G Plate, Wakil Ketua Dewan Pertimbangan DPP Partai Golkar Drs Theo L Sambuaga MA dan Ketua Dewan Pertimbangan DPD I Partai Golkar Sulut Drs Stevanus Vreeke Runtu senada mengungkapkan keyakinan mereka Ivansa-CNR menjadi Bupati dan Wakil Bupati Minahasa 2018-2023.

“Saya mendapat bocoran, hasil survey Ivan-Careig unggul jauh dari pasangan calon lain. Tinggal bagaimana kita mengamankan saja,” demikian Jhonny G Plate, yang juga Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI ini.

Kendati demikian, dia menyebut bahwa masih ada sekitar 12 peesen swing vooter (masa mengambang). “Kita juga harus berusaha merebut angka 12 persen itu,” ujarnya.

Seperti diketahui, hasil surver SMRC pada awal Mei lalu, Ivansa-CNR meraup 54,7 persen. “Kalau kita ambil saja dua persen dari massa menggambang itu, dengan margin eror tertinggi, 5 persen pun maka kita sudah menang,” ujar Ivansa baru-baru ini.

Terpantau hadir pada kampanye umum tersebut, Jimmy Feldie Eman SE Ak, Maximiliaan Jonas Lomban, Sekum Partai Golkar Sulut Tonny Hendrik Lasut, Ir Mikky Junita Linda Wenur, Jerry Sambuaga dan sejumlah anggota DPRD Sulut dan Minahasa.

Penulis: Herly Umbas

 

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan