Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Stenly Towoliu Ajak Aktualusasikan Spirit Adat Tulude - Fajar Manado

Stenly Towoliu Ajak Aktualusasikan Spirit Adat Tulude

Stenly Towoliu Ajak Aktualusasikan Spirit Adat Tulude

Manado, Fajarmanado.com – Pelaksanaan Upacara Adat Tulude di Kota Manado, pada hari ini, Kamis (14/2/2019), menjadi momen strategis untuk mengaktualisasikan spirit, eksistensi serta melestarikan seni budaya masyarakat Nusa Utara di Kota Manado.

Hal ini dikatakan oleh Stenly Towoliu, pemerhati sosial, kepada awak media, Kamis (14/2/2019). “Tulude adalah prosesi Upacara Adat masyarakat Nusa Utara yang mengakui kekuasaan ‘Ghenggonalangi Duatang Saruluang’, sang pemilik kehidupan umat manusia,” ungkap Stenly Towoliu, yang juga memimpin LSM Masyarakat Jaring Koruptor Sulut (MJKS).

Prosesi Upacara Adat Tulude 2019 di Kota Manado, Jumat (14/2/2019)

 

Baca Juga :  Prosesi Upacara Adat Tulude Bakal Diterjemahkan Dalam Bahasa Inggris dan Cina

Dilanjutkannya, persatuan adalah salah satu simbol kuat yang terdapat pada kue Tamo, sebab tanpa persatuan Upacara Adat Tulude tidak memiliki makna apa-apa. Diatas kue Tamo ada sebutir telur, bisa diartikan melambangkan suatu kehidupan yang baru.

“Lewat upacara adat Tulude, mengajarkan kepada kita semua, masyarakat Kota Manado bahwa, dalam perjalanan kehidupan ini senantiasa mengakui serta mengandalkan Tuhan, Sang Pemilik Kehidupan. Jalin erat persatuan sesama anak bangsa, apalagi ketika kita berada di tahun politik,” ungkap Stenly Towoliu, saat ini sebagai Humas Tim Rajawali GSVL.

Jangan sampai perbedaan politik merusak persatuan dan kesatuan

Ditambahkannya, makna hakiki Upacara Adat Tulude, sejalan dengan program Walikota G. S. Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan (GSVL-Mor), menjadikan Manado sebagai Kota Doa. Dan juga predikat yang disandang saat ini, Manado Kota paling Toleransi se-Indonesia.

Baca Juga :  14-16 Februari 2019, Pemkot Manado Rekrut PPPK

“Sebagai putra Nusa Utara, saya mengajak kepada seluruh masyarakat Nusa Utara, mari kita menjadi pioner dalam menjaga persatuan ditengah pluralis serta kemajemukan etnis, budaya, suku bangsa, agama, serta politik. Jadikan Tulude sebagai momentum untuk menunjukan eksistensi kita dalam membangun Kota Manado,” pungkas Towoliu.

 

Penulis: Jones Mamitoho

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan