Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Tanpa Biaya, SD Inpres Lakukan Ini Untuk Motivasi Siswa

Tanpa Biaya, SD Inpres Lakukan Ini Untuk Motivasi Siswa
Guru Kelas 5 SD Inpres Sendangan Eity CT Watung menyerahkan Rapor dan bingkisan kepada Juara Satu, Hideo Sekeon melalui Kepsek Jemmy Condoy, pekan lalu.
Kawangkoan, Fajarmanado.com – Ada saja yang dilakukan guru untuk memotivasi siswanya. Meski tidak ada anggaran dari Biaya Operasional Siswa (BOS), guru di SDN Inpres Sendangan, Kawangkoan, Minahasa, rela memberikan insentif khusus kepada para siswa berprestasi.

Insentif khusus ini pun diberikan kepada para siswa yang meraih juara 1-4 dan siswa yang rajin masuk sekolah saat pengumuman hasil semester genap kenaikan kelas tahun pengajaran 2016/2017.

“Ini hanya merupakan motivasi saya supaya anak-anak rajin masuk sekolah dan rajin belajar,” komentar Eity CT Watung, S.PdK kepada Fajarmanado.com, Senin (19/06/2017).

Ketika rapat umum orang tua sekaligus penyerahan rapor kenaikkan kelas SD Inpres Sendangan pada akhir pekan lalu, ada pemandangan yang tak biasa tersaji. Saat Eity Watung, Wali Kelas 5 ini mengumumkan dan memanggil 4 siswa yang masuk daftar hadir terbanyak. Mereka kemudian disodori hadiah buku yang sudah dikemas dalam bungkusan khusus.

Begitu pun dengan para siswa yang mengukir prestasi juara 1—4, juga memperoleh hadiah buku yang sudah dikemas pula dalam bingkisan khusus. Hadiah ini diserahkan oleh Kepala Sekolah Jemmy Kondoy, disaksikan orang tua dan wali kelas 1—5.

“Saya harap guru-guru kelas lain dapat berinovasi seperti ini,” komentarnya disela acara penyerahan rapor kenaikkan kelas tahun pengajaran 2016-2017 tersebut.

Eity Watung mengungkapkan bahwa kebijakan tersebut merupakan ide pribadinya untuk mendorong siswa agar memacu semangat masuk sekolah dan mengukir prestasi akademik di kelas.

Apakah dananya bersumber dari BOS, Watung tidak menjawab spontan. Ia mengungkapkan bahwa kebijakan itu tercetus spontan ketika berkunjung dan melihat tumpukan buku tulis di etalase salahsatu toko di pusat Kota Kawangkoan.

“Saya hanya berharap, dengan ada penghargaan kecil ini para siswa akan berlomba rajin masuk sekolah dan meningkatkan prestasi,” papar Enci Tine, sapaan akrab isteri dari Kepsek SD Inpres Kinali, Cornelis Rumayar ini.

Seperti diketahui, inovasi guru kelas berlatarbelakang disiplin ilmu guru Agama ini sempat membawa Ruang Kelas 5 sekolah yang berlokasi di Kelurahan Sendangan Selatan, Kawangkoan masuk deretan kategori terbaik penataan dan performa kelas  sesuai hasil pleno monitoring dan evaluasi Dikpora Minahasa untuk semester I tahun 2016.

“Ini hasil pleno yang dilakukan bersama pengawas sekolah di delapan kecamatan rayon tiga,” kata Kabid SD Dikpora Kabupaten Minahasa Janny Kaunang,SPd MPd di Tondano, waktu itu.

Penulis : Herly Umbas

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan