Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Tarik e-KTP di Tangan Warga Talaud, Ini Alasan Dukcapil - Fajar Manado

Tarik e-KTP di Tangan Warga Talaud, Ini Alasan Dukcapil

Tarik e-KTP di Tangan Warga Talaud, Ini Alasan Dukcapil
Talaud, Fajarmanado.com — Kebijakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) KabupatenTalaud menarik kembali kartu KTP Elektronik (e-KTP) yang sudah berada di tangan warga di Kecamatan Tampan Am’ma, mengundang reaksi masyarakat. Bahkan memicu perdebatan panjang di media sosial dalam beberapa hari terakhir karena Pilkada 2018 yang akan digelar serentak secara nasional pada 27 Juni mendatang semakin dekat.

Sesuai informasi yang berkembang, penarikan kartu e-KTP tersebut didalihkan oknum pegawai Disdukcapil untuk pembaruan dan pemutahiran Kartu Keluarga (KK). Namun, berdalih ketidakjelasan informasi.

Kebijakan tersebut dipolemikan oleh sekelompok orang, karena menilai perkembangan pembaharuan dan pemutahiran datanya belum juga ada kabar yang jelas padahal sudah berjalan beberapa bulan, apalagi penceblosan Pilkada tinggal menghitung minggu.  Sementara, masyarakat membutuhkan dokumen jati diri resmi tersebut untuk bisa menggunakan hak pilih. Karena itulah, ada pihak yang mulai berspekulasi dengan menduga ada permainan data yang dilakoni pihak Disdukcapil.

Baca Juga :  Astaga..! Pria 56 Tahun Ini Nekat Bobol Perawan Gadis Ingusan dengan Jari

Kepala Disdukcapil Talaud, Djabes Linda, dengan tegas menampil sinyalemen tersebut. “Ini hanyalah miskomunikasi karena untuk KK sudah dientry dan kalau ada masyarakat yang sudah membutuhkannya bisa langsung diprint dan dilegalisir,” katanya ketika dikonfirmasi Fajarmanado.com di ruang kerjanya, Rabu (30/5/2018), siang tadi.

Namun demikian, Linda mengatakan bahwa bulan Juni depan akan ada launching format baru KK. “Makanya kami belum memprintnya untuk sekarang karena akan menunggu format baru agar masyarakat tidak lagi melakukan pengurusan KK lagi ketika format baru itu keluar,” kilahnya.

Mengenai e-KTP, Linda mengungkapkan, sudah banyak yang diprint atau diterbitkan namun belum tuntas karena beberapa hari terakhir terjadi gangguan jaringan internet. “Makanya, kami sudah mengutus dua orang ke Jakarta untuk menyampaikan dan mengkomunikasikan gangguan jaringan ini di Dirjen Dukcapil,” ungkap Linda.

Baca Juga :  Astaga..! Pria 56 Tahun Ini Nekat Bobol Perawan Gadis Ingusan dengan Jari

Meski begitu, Linda menyatakan masyarakat tak perlu kuatir tidak bisa ikut memilih pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Talaud pada 27 Juni mendatang. “Bisa datang mengambil surat keterangan atau Suket penduduk di kantor apabila sudah melakukan perekaman data,” katanya.

Linda menambahkan, perlu semakin ditingkatkan dan diintensifkan komunikasi antarpemerintah kecamatan dan desa dalam mengsosialisasikan persoalan kependudukan agar tidak terjadi lagi miskomunikasi seperti ini di masa datang. karenanya

“Perlu diketahui, sebagai pelayan masyarakat, kami tidak tebang pilih dalam melayani masyarakat. Semua diperlakukan sama, tentu dengan mengedepankan budaya antri,” papar Linda.

Penulis: Briet Maga

Editor   : Herly Umbas

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan