Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Tim Warsik Inspektorat Kodam XIII Kuliti Kodim 1302 Minahasa

Tim Warsik Inspektorat Kodam XIII Kuliti Kodim 1302 Minahasa
DIAWASI : Kepala Staf Kodim 1302 Minahasa Mayor Cpl Franky Kallo saat menerima tim Warsik Kodam merdeka XIII di ruang kerjanya.
Tondano, Fajarmanado.com – Tim Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) dari Inspektorat Kodam XIII/Merdeka menyambangi Kodim 1302 Minahasa pada Senin (05/06/2017) tadi.

Kedatangan tim yang dipimpin Mayor Inf Samsul Bahri dan Mayor Inf Sinjo Tumiwa tersebut bertujuan untuk mengecek langsung sejauh mana kinerja staf Kodim dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab sesuai bidang masing-masing, yang mepiluti staf intelejen, staf operasional, staf personil, staf logistik, dan staf teritorial.

Sebelum melanjutkan, Bahri membacakan taklimat awal dari Inspektur Kodam XIII Merdeka, Kolonel Inf WWF Mamahit yang menyentil soal angka pengawasan dan pemeriksaan Triwulan II tahun 2017.

“Kita pahami bersama bahwa kegiatan Wasrik ini merupakan bagian dari suatu sistem dalam manajemen modern. Terutama sebagai sarana pengendalian kegiatan organisasi. Dalam Implentasinya Kodam XIII Merdeka selaku pengemban fungsi Pengawasan dan Pemeriksaan serta sebagai aparat pengawasan intern pemerintahan (APIP) di lingkungan Kodam XIII Merdeka,” jelasnya.

Bahri menjelaskan pihaknya memiliki tugas pokok  membantu Pangdam XIII Merdeka di bidang pengawasan dan pemeriksaan perbendaharaan terhadap organisasi jajaran Kodam XIII Merdeka dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok dan tugas bantuan Kodam XIII Merdeka.

Pelaksanan Wasrik Kodam XIII Merdeka triwulan II tahun 2017 di jajaran Kodam XIII Merdeka kali ini, menurutnya, dititikberatkan pada bidang kinerja dan perbendaharaan bidang materil, maupun perbendaharaan keuangan serta sekaligus pertanggungjawaban keuangan, untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas Wasrik Kodam XIII Merdeka.

“Marilah kita ciptakan suasana kerja yang harmonis, saling ada keterbukaan, saling percaya, dan komunikasi timbal balik yang baik dengan tujuan untuk dapat mendukung pencapaian tujuan dan sasaran organisasi khususnya Kodam XIII Merdeka sebagai Kotama dan satuan yang baru,” tuturnya.

Pada dasarnya, katanya, semua jajaran TNI merupakan komponen dari sistem organisasi yang sama dan mempunyai tanggung jawab, yang didaerah ini terhadap Kodam XIII Merdeka sesuai bidang tugas masing-masing.

Ia menjelaskan, Tertib Sistem Akutansi Instansi (SIA) adalah bagian dari  Standar Akutansi Pemerintahan (SAP). Didalam SAP, lanjut Bahri, ada dua hal yang harus di laksanakan secara benar. Yaitu, Sistem Akutansi Keuangan (SAK) dan Sistem Informasi Manajemen Akutansi Barang Milik Negara (SIMAK BMN). Ke dua sistem tersebut harus dapat berjalan dengan tertib selaras dan baik. “Dengan satu harapan lewat pemeriksaan ini, opini penilaian BPK RI wajar tanpa pengecualian (WTP) supaya terwujud,” harapnya.

Sementara, Kepala Staf Kodim 1302/Minahasa Mayor Cpl Franky Kallo, mewakili Dandim mengatakan, pihaknya bersyukur dengan kegiatan Wasrik ini karena dalam pelaksanaan, semua staf yang ada di Kodim 1302 Minahasa sudah mempersiapkan sesuai dengan bidangnya masing masing.

“Tentunya dengan persiapan yang sudah dilaksanakan, diharapkan mampu mensuport agar TNI bisa meraih WTP dari BPK RI,” ujar Kallo.

Penulis : Fisher Wakulu

Editor    : Herly Umbas

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan