Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Wisman Italy dan Jerman Ikut Merayakan HUT Desa Sawangan ke-806

Wisman Italy dan Jerman Ikut Merayakan HUT Desa Sawangan ke-806

Airmadidi,Fajarmanado.com – Perayaan ulang tahun Desa Sawangan ke-806 berlangsung meriah. Kegiatan yang dilaksanakan di komplek Waruga ini, mengundang perhatian Wisatawan Manca Negara (Wisman). Bahkan para turis asing sangat terkesan dengan penampilan tarian Katrili yang ditampilkan oleh siswa sekolah dasar.

Salah satu Wisatawan asal Italy, Michael mengaku kagum dengan keindahan desa Sawangan yang kaya dengan potensi alam dan memiliki objek wisata waruga yang merupakan makam dari leluhur di tanah Minahasa. Ia juga mengagumi keramahan masyarakat desa yang telah menyambut mereka dengan baik.

“Kami sangat bangga berkunjung ke desa Sawangan ini, selain objek wisata Waruganya yang indah dan mempunyai nilai sejarah, disini juga banyak kesenian daerah yang terus terpelihara. Seperti tarian katrili dan muski kolintang yang dimainkan anak-anak, sangat membuat kami kagum dan puas bisa mengunjungi desa Sawangan.”Terang Michael, Sabtu (11/11).

Selain mengunjungi waruga, para wisatawan juga ikut mencicipi makanan khas Minahasa yang identik dengan rasa pedasnya serta penganan khas seperti, kue sinegor, dodol, kue lapis dan beberapa penganan lainnya. Mereka mengaku sangat menikmati makanan dan penganam yang dihidangkan tersebut karena tidak ada di negaranya.

Terpisah, Hukum tua desa Sawangan, Stendry Wangke mengatakan, jumlah wisatawan domestik dan manca negara yang berkunjung ke desa Sawangan setiap tahunnya meningkat. Pihaknya sangat optimis jika kedepannya desa Sawangan akan menjadi desa wisata dan sektor pariwisata ini menjadi sumber pendapatan desa terbesar.

“Pembenahan dan pembentukan mental serta pola pikir masyarakat terus kami lakukan, sebab untuk menjadikan desa ini sebagai desa wisata, tak hanya infrastruktur yang perlu dipersiapkan, tetapi sikap dan prilaku masyarakat dalam menyambut para wisatawan juga harus dibentuk agar tamu atau wisatawan yang berkunjung ke desa ini merasa nyaman.”ujar Wangke.

Dimasa pemrintahannya yang baru akan memasuki tahun kedua, ada beberapa terobosan yang telah ia lakukan dibidang infrastruktur melalui dana desa. Disampinh itu, pihaknya tengah melakukan lobi dengan dinas pariwisata untuk pembebasan lahan dalam rangka perluasan areal waruga. Ia berharap, usulan yang disampaikan tersebut, akan diterima pemerintah kabupaten demi memperindah kawasan wisata waruga serta memberi kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung.

 

Penulis : Joel Polutu

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan