Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Wow..! Dandes Talaud Capai Rp 161,1 M, Ini Besaran Alokasi Tiap Desa

Wow..! Dandes Talaud Capai Rp 161,1 M, Ini Besaran Alokasi Tiap Desa
Pj Bupati Talaud Petrus Simon Tuange di depan peserta Sosialisasi Pedoman Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa yang digagas oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Talaud di Aula BKPSDM, Selasa (22/5/2018)
Talaud, Fajarmanado.com — warga 142 desa di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, pantas bersorak. Total nilai alokasi dana desa (Dandes) tahun 2018 ini terbilang fantastis, mencapai angka Rp.161,1 miliar. Menariknya, setiap desa mendapatkan jatah minimal Rp.1,1 miliar.

Hal itu terungkap dalam sosialisasi pedoman pengelolaan keuangan dan aset desa yang digagas oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Talaud di Aula BKPSDM, Selasa (22/5/2018)

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (Kaban PKAD) Talaud, Gustaf Atang mengatakan, pemerintah pusat terus berkomitmen meningkatkan alokasi dana transfer ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Talaud terus dinyatakan dari tahun ke tahun.

Tahun 2018 Kabupaten Talaud mendapat alokasi dana Tranfer sebesar 98,4 Miliar, Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar 50,3 miliar, dana bagi hasil pajak dan retribusi 2,2 miliar.

“Total alokasi dana yang dikelolah pemerintah desa tahun 2018 sebesar 161,1 miliar. Dibagi ke 142 desa, rata-rata masing-masing desa mengelolah dana sebesar Rp.1,1 miliar,” ujarnya.

Atang mengungkapkan, untuk mengelola anggaran ini, maka dipandang penting untuk dilaksanakan sosialisasi pedoman pengelolaan keuangan dan aset desa agar pemanfaatannya tepat guna dan tepat sasaran.

“Kegiatan ini bekerja sama dengan kantor wilayah direktorat jenderal perbendaharaan keuangan Sulawesi Utara (Sulut) berdasarkan nota kesepahaman yang telah disepakati bersama,” jelasnya.

“lmplementasi dari kerja sama ini adalah kantor wilayah direktorat jenderal perbendaharaan akan melakukan pendampingan, pembinaan dalam bentuk bimtek ataupun sosialisasi dilingkungan pemerintah daerah kabupaten Talaud dalam hal pengelolaan keuangan di kabupaten Talaud,” sambungnya.

Disamping itu, lanjut Atang, pelaksanaan kegiatan ini yakni untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) khususnya kepada pemerintah desa selaku pengelolah keuangan desa melalui pengetahuan tentang tata cara perencanaan, penganggaran, penatausahaan, pelaporan dan pertanggung-jawaban keuangan dan aset desa secara baik dan benar.

Sosialisasi juga digelar untuk memberikan arahan dan pemahaman kepada pemerintah desa, khususnya perangkat desa yang terkait dalam pengelolaan keuangan desa agar lebih mengerti dan memahami prosedur keuangan dan aset desa.

“Tak kalah pentingnya untuk menyamakan persepsi antara pemerintah daerah dan pemerintah desa terhadap implementasi pedoman pengelolaan keuangan dan aset desa,” katanya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Talaud Petrus Simon Tuange dalam sambutannya mengatakan, dengan jumlah dana yang masuk di tiap-tiap desa yang cukup besar, maka dirinya berharap agar pengelolaan dana desa ini dikelolah dengan baik dan benar.

“Saya percaya anda (kades-kades) ketika dari Dirtjen perbendaharaan Sulut melakukan sosialisasi maka betapa sempurnanya ilmu yang didapat oleh kepala-kepala desa. Karena itu, saya percaya kades-kades bisa melaksanakan kegiatan pengelolaan keuangan desa secara baik dan benar,” katanya.

Terkait dengan pengelolaan Dandes, Tuange mengingatkan harus tetap berada pada lima tahapan lingkar edar pengelolaan keuangan desa.

Ke limanya, adalah, perencanaan, pelaksanaan/penata usahaan, pengawasan, laporan dan pertanggungjawaban.

“Ketika kita mengikuti lima tahapan ini, saya yakin kita tidak akan tersesat, karena itu patuhilah sebuah perencanaan. Tahap pertama perencanaan, sebuah perencanaan yang baik itu adalah 60 persen tujuan sudah dapat dicapai, tetapi ketika perencanaan itu salah, maka disinilah malapetaka akan datang. Sekali lagi perencanaan itu penting,” paparnya.

Penulis: Briet Maga

Editor   : Herly Umbas

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan