Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Wow..! Omset UKM Sulut Capai Rp.10,8 T, Serap 173 Ribu Lebih Tenaga Kerja - Fajar Manado

Wow..! Omset UKM Sulut Capai Rp.10,8 T, Serap 173 Ribu Lebih Tenaga Kerja

Wow..! Omset UKM Sulut Capai Rp.10,8 T, Serap 173 Ribu Lebih Tenaga Kerja
Manado, Fajarmanado.com – Peran industri Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sangat signifikan mendorong pertumbuhan ekonomi, menekan angka kemiskinan dan pengangguran di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE mengungkapkan hal tersebut ketika membuka pelaksanaan Gebyar UKM Indonesia Tahun 2018 di Provinsi Sulut yang dipusatkan di Ruang Mapalus Kantor Gubernur, Selasa (13/11/2018).

Gubernur Olly menjelaskan, Provinsi Sulut tercatat memiliki UKM sebanyak 76.154 UKM dengan ilai omzet totalnya kini mencapai sebesar Rp.10,8 triliun dan total nilai asset sebesar Rp. 2,8 triliun. Ke 76.154 UKM tersebut mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 173.350 orang.

Baca Juga :  Apresiasi Langkah Gubernur, SAS Sebut Masalah Kopra Jadi Fokus Utama HKTI Sulut

Keberadaan UKM ini, lanjut Olly, mampu memberikan kontribusi dalam menggenjot perrumbuhan ekonomi di provinsi berjuluk Nyiur Melambai ini.

“UKM memberikan dampak meningkatnya pertumbuhan di Sulawesi Utara yang juga berimbas pada menurunnya angka kemiskinan dari 8,89 persen menjadi 7,9 persen. Dan juga angka pengangguran turun menjadi 6,12 persen,” jelasnya.

Meski demikian, Gubernur Olly tetap berharap sektor UKM di daerah ini akan dapat terus bertumbuh.

“Saya berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan lagi produktivitas serta kreativitas pelaku UKM melalui barang dan jasa yang lebih spesifik dengan kemasan yang menarik dan unik,” imbuhnya.

Baca Juga :  Wali Kota Jimmy Eman Terima DIPA Tahun 2019 Kota Tomoho dari Gubernur Sulut

Pembukaan Gebyar UKM 2018 yang ditandai pemukulan Tetengkoren tersebut, terpantau dihadiri Hermawan Kartajaya selaku Chairman International Council Of Small Business (ICSB), Deputi ICSB Jacky Mussry, dan Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM (LLP-KUKM) Ir. Emilia Suhaimi, MM.

Juga terlihat hadir dan mendampingi Gubernur Olly membuka acara itu, Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Dr Christiany Eugenia Paruntu, SE, Wakil Wali Kota Manado Mor Bastian serta para pejabat Pemprov Sulut dan tamu undangan.

Penulis: Herly Umbas

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan