Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Manado Rekrut Relawan Demokrasi

Manado, Fajarmanado.com – Calon Relawan Demokrasi yang mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado, sampai dengan tanggal 16 Januari 2019, sudah ada 46 orang yang memasukan berkas.

Hal ini dikatakan oleh Ismail Harun Komisioner KPU Kota Manado Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat, Rabu (16/1/2019).

“Penutupan pendaftaran Calon Relawan Demokrasi Kota Manado pada hari Kamis, tanggal 17 Januari 2019, pukul 16:00 WITA (jam 4 sore). Adapun syarat-syaratnya, sebagai berikut; Pas Foto 4×6 (4 lembar) warna, foto copy Ijazah SMA sederajat dan KTP,” jelas Ismail Harun.

Dilanjutkannya, nantinya ada formulir yang akan diisi oleh Calon Relawan Demokrasi, dimana salah satunya tidak menjabat sebagai pengurus salah satu Partai Politik, selang lima tahun terakhir. Adapun jumlah personil yang dibutuhkan sekitar 50-55 orang.

“Para Relawan Demokrasi akan disebar pada 10 basis pemilih, yakni; basis Keluarga, Pemilih Pemula (17-21 tahun), Pemilih Muda (22-30 tahun), Pemilih Perempuan, Pemilih Disabilitas, Pemilih Berkebutuhan Khusus, Pemilih Marginal, Pemilih Komunitas (Ketua/Anggota), Pemilih Agama, dan Pemilih Warga Net (memiliki FB, Instagram, dan Twitter),” ujar Ismail Harun.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Manado Divisi Teknis, Sahrul Seriawan HS, mengungkapkan bahwa tugas Relawan Demokrasi akan membantu KPU untuk mensosialisasikan kepada masyarakat Kota Manado terkait peningkatan kualitas pemilih.

“Tentunya, sebelum melaksanakan tugas, para Relawan Denokrasi akan dibekali. Kami berharap lewat relawan ini akan ada peningkatan signifikan partisipasi pemilih pada Pemilu tanggal 17 April 2019, dalam upaya mewujudkan Pemilu yang Berkualitas dan Berintegritas,” ungkap Sahrul Setiawan.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Manado untuk menggunakan hak politiknya pada Pemilu 17 April 2019, dimana masyarakat akan memilih Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR-RI, DPD-RI, DPRD Provinsi Sulut, dan DPRD Kota Manado. Ini adalah pertama kalinya di Indonesia, dimana dalam Pemilu 2019 kita akan memilih anggota legislatif serta Presiden dan Wakil Presiden,” pungkas Sahrul Setiawan.

 

Penulis: Jones Mamitoho

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *